ASI

Cara Defrost Freezer ASIP

Setelah 1,5 tahun pembelian, akhirnya freezer ASI saya di defrost juga…

Kebayang ga, 1,5 tahun, freezer ga di defrost? Bunga es nya udah miriplah sama di kutub utara =)) Sampe botol-botol ASIP nya ikutan diselimutin sama si bunga es! Jangan ditiru ya…

Langkah-langkah defrost freezer khusus ASI versi ibu-ibu pemalas dan mager (untuk foto-foto liat di paling bawah yaa):

  • Pindahin ASIP

Karena botol ASIP gue tinggal 90an (gue aliran simpen ASIP pake botol kaca), alhamdulillah dipindahin ke kulkas 2 pintu muat. Tumpang tindih tak beraturan =)) Selama mindahin, gue pake sarung tangan biar ga dingin =))

  • Siapkan peralatan bebersih

Siapin keset kering 2 buah, ember, baskom kecil beberapa buah, lap kering

  • Siapkan kipas angin
  • Cabut kabel freezer, buka pintunya
  • Nyalain kipas angin, arahin ke freezer yang terbuka
  • Taro keset di bawah freezer yang terbuka. Jadi airnya ga rembes kemana-mana
  • Tungguin esnya mencair

Kalo gue, di setiap rak gue tadahin air pake baskom. Kalo baskom penuh, tuang ke ember. Terus airnya sambil di lap-lap pake lap kering, terus di peres di ember. Kalo ada es jatuh juga langsung taro ember.

  • Bersih-bersih, lap-lap sampe kering

15 menit pertama bunga es mulai berjatuhan. Total dari nyalain kipas angin sampe bener-bener kering bersih itu sekitar 50 menit.

  • Colokin freezer, tunggu setengah jam sampai 1 jam biar dingin
  • Balikin ASIP ke freezer

Selesai deh! Freezer nya kayak baru lagi. Babayy bunga es!! See you kapan-kapan kalo ngga mager lagi dan mau jualan es bonbon….

Mudik sementara ke kulkas 2 pintuBegini kira-kira posisi kipas dan kesetSelesai!! Seperti baru lagiii

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s