ASI

Happy International Breastfeeding Week 2017!!

Inget banget taun lalu pas Breastfeeding week (1-7 Agustus), saya pas banget lagi kena Demam Berdarah. Usia si bayi waktu itu baru mau 3 bulan. Dan pas tanggal 8 Agustus nya adalah hari pertama saya harus kembali bekerja. 

I think I will not easily forget that. Karena kena DBD pas banget pas breastfeeding week. Dimana saya lagi seru-serunya menyusui anak, anak pertama, lagi euforia jadi new mom, eh pas breastfeeding week malah terkapar gabisa nyusuin (karena lagi konsumsi obat – walaupun katanya aman tetep aja takut). Stok ASIP persiapan buat ditinggal kerja pun kepake duluan selama saya sakit, dan selama sakit saya gabisa pumping (harus bedrest). Jadi stok ASIP nya bisa dibilang ngulang dari awal lagi… Kalo diinget lagi, sedih juga ya kondisinya waktu itu……

Alhamdulillaah berkat dukungan dan semangat dari keluarga dan diri sendiri, masih bisa terus mengASIhi anak sampai breastfeeding week tahun ini. Sekarang si bayi sudah tumbuh menjadi anak kecil. Tapi saya masih tetap menyusui dan belum memperkenalkan susu lain selain ASI ke anak saya. Alhamdulillaah…

Salah satu quote menyusui yang paling saya suka adalah “Menyusuilah dengan keras kepala”. Menurut saya, itu kunci kesuksesan utama. Keras kepalalah terhadap siapapun yang menghalangi Anda untuk memberi ASI, memberi yang terbaik untuk anak Anda 🙂 Termasuk terhadap diri sendiri saat sudah terasa lelah, sangat lelah. Ingatlah lagi manfaat yang diperoleh anak Anda dengan pemberian ASI.

Kalau pengalaman saya, saya pernah menolak permohonan Ibu saya sendiri untuk menambahkan pemberian susu formula kepada anak saya, dengan alasan berat badannya kurang. Maaf ya Ma, permintaan Mama aku tolak. InsyaAllaah aku tau yang terbaik untuk anakku, seperti juga Mama saat membesarkanku dulu 🙂

Menyusui itu seru. Tantangannya banyaaaaaakkk banget. Seiring bertambah umur bayi, bertambah kepintarannya, bertambah besar badannya, menjadi seorang Ibu harus ikut terus belajar untuk menyesuaikan perkembangan anak. Sekarang si anak kecil giginya sudah 8 (dan ada yang on progress 2), gigi itu salah satu tantangan menyusui buat saya akhir-akhir ini :)) Selain itu, sekarang kalau menyusu, gayanya udah macem-macem. Bisa sambil tengkurep, telentang, sujud, sambil becanda…. dan udah bisa ngerengek minta nyusu anytime anywhere 😀

@ Singapore National Stadium

Ini foto saya menyusui saat di stadion. Saya termasuk orang yang males cari nursing room buat nyusuin. Selama ini saya udah berhasil nyusuin hampir dimana aja. Stadion (sambil nonton bola), restoran (sambil makan), bis umum, kereta, pesawat, kursi pinggir jalan, sambil cuci piring, sambil nonton tiger show di taman safari, pokoknya setiap si anak minta, gapake mikir lama, cari tempat duduk langsung kasih :))

Breastfeeding week tahun ini saya rayakan dengan nyicil bayar puasa. Alhamdulillaah produksi ASI masih tetap lancar selama puasa 🙂

Happy breastfeeding week mommies!! Stay happy and keep breastfeed your baby!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s