Baby Story · Travel Story

Traveling with Baby – What to Pack

As a light traveler, I always pack as light as possible. Here comes the challenge: how to pack light with a baby! 

Gue selalu mulai packing dengan membaca itinerary, mengira-ngira bakal di jalan berapa lama, bakal ke tempat yang seperti apa, baru deh mulai menuliskan apa aja yang butuh dibawa, per hari. Abis itu, mulai keluarin barangnya dari lemari, disusun per hari, terus tinggal susun di koper deh. Sejak ada si anak bayi, setelah barang-barangnya di pack per hari, abis itu gue masukin ke zipper bag, terus tulis di zipper bag nya (kasih judul) ‘day 1’ dst, baru deh susun di koper. It works and helps. A lot. Thanks to all emak-emak yang udah sharing tentang penggunaan zipper bag buat travelling!

Zipper Bag merek Bagus

Jadi, di dalam koper gue akan punya beberapa set zipper bag yang sudah di pack per hari. Zipper bag itu akan gue pidahkan ke daypack (atau diaper bag, atau tas yang bakal gue bawa sehari-hari – bingung nyebutnya apa enaknya haha) berdasarkan harinya. Jadi pas jalan-jalan hari itu udah kelar, gue tinggal keluarin zipper bag hari itu dari daypack, dan ganti dengan zipper bag hari esoknya. Simple banget dan hemat waktu banget. Jadi bisa bobok cepat tanpa bongkar-bongkar tas dulu haha. Oiya, gue juga pack beberapa zipper bag buat pakaian tidur. So, here are the details of my babbling above :p

Zipper bag harian. List barang yang gue pack di zipper bag, per hari:

  • diapers (4)
  • kaos dalem (2)
  • baju (3)
  • celana (2)
  • kaos kaki (2)


List barang yang wajib ada di daypack/diaper bag:

  • 1 zipper bag yang udah di pack per hari
  • Wipes (tisu basah)
  • Tisu kering
  • Minyak telon
  • Cologne
  • Sabun – di pack di botol 20ml buat cebok
  • Hand sanitizer
  • Alas ganti popok
  • Anduk kecil
  • Selimut
  • Jaket
  • Perlengkapan makan
  • Snack!
  • Mainan
  • Obat-obatan
  • Plastik sampah
  • ID card, Passport, uang (in my case, tas gue gabung sama tas bayik)
  • Hipseat baby carrier (ini dipake aja sih, atau taro stroller)
  • Stroller (additional, anak gue anak gendong jadi bawa stroller pas jalan itu mostly ga kepake)

List barang yang ada di zipper bag pakaian tidur:

  • Diapers
  • 1 set baju tidur (lengan panjang dan celana panjang)
  • Kaos dalem
  • Kaos kaki

List barang yang bisa ditinggal di koper:

  • Zipper bag sisanya
  • Zipper bag pakaian tidur
  • Peralatan mandi (sabun 2in1, anduk)
  • Sisa mainan (bedain tiap hari biar ga bosen)

Contoh bawaan gue untuk perjalanan 3 hari 2 malam:

  • 3 zipper bag day pack
  • 2 zipper bag pakaian tidur
  • 1 zipper bag cadangan (spare diapers, kaos dalem, kaos, celana, kaos kaki)
  • 1 zipper bag peralatan renang


Setelah ready semua, 1 zipper bag daypack gue taro di daypack. Sisanya (2 zipper bag daypack, 2 zipper bag pakaian tidur, 1 zipper bag cadangan) tinggal susun di koper. Voila! Packing bayik kelar. Tinggal packing emak bapaknya (yang biasanya cukup 1 koper small berdua).


That zipper bag thing was helped me a lot. Sebagai emak emak yang suka mix n match baju bayiknya, daripada kelamaan mikir pas mau jalan-jalan, mendingan udah di pack dari rumah. Dan karena bawa bayi gabisa ga rempong (barang perlu ga perlu dibawa aja, daripada perlu terus ga bawa. Sekalinya bawa juga gabisa cuma 1, daripada kurang #curhat), dengan bantuan zipper bag jadi setiap malam cuma tinggal angkut-taro dan itu sangat membantu menambah jam istirahat ibu selama di perjalanan :p

Mari bahas hal lain yang ga kalah penting selama traveling dengan bayi: Snack, Mainan, Obat-obatan

Snack
Bayi gue susaaah banget masalah makan. Jadi, gue akalin dengan perbanyak bawa snack, dan beraneka ragam. Biar ga bosen. Senjata utamanya sih (yang doi gabakal bosen) selalu siap sedia baby rice crackers. Kalo ini, kapan aja disodorin doi mangap. Kalo biskuit, pilih-pilih 😦 Kalo udah bosen dan gamau, yasudah. Kebetulan bayi gue suka keju. 1 keju singles bisa dia abisin sendiri. Jadi ini salah satu senjata tambahan selain rice crackers.

Dengan sifat bayi yang bosenan, tips dari gue jangan bawa semua snack banyak-banyak. Di pack aja di zipper bag kecil-kecil sesuai jumlah yang biasanya dia makan. Kenapa zipper bag (lagi)? Biar ga ngabisin tempat, dan kalau udah habis bisa langsung buang. Buat biskuit bayi, biar ga cepet melempem juga πŸ˜€


Peralatan makan yang gue bawa:

  • Food container – Buat misahin makanan kita yang buat dia makan, buat bungkus makanan
  • Sendok (bawa 3) – Buat nyuapin, buat mainan
  • Straw cup atau botol minum
  • Bib atau disposable bib
  • Wipes (tisu basah)

Mainan
Gue selalu bawa ‘buddy’ nya anak gue dari lahir kemanapun kita pergi. Boneka Fox (merek SKK – baby plush rattle). Walaupun anak gue belum menganggap boneka itu buddy nya dia =)) Suka banget boneka ini karena banyak stimulusnya – should be ga cepet bosenin but…..he’s still a baby…..

Image result for fox doll for baby skk

Di buletan rattle-nya, gue sangkutin lagi mainan lain (biar tambah rame). Ada buku kecil, teether, another rattle. Abis itu gue sangkutin di daypack dan dibawa kemanapun pergi. Kalau lagi di mobil, gue gantung di tempat yang bisa digantung =))

Udah bawa mainan lumayan banyak, tapi ternyata anak gue lebih bahagia dengan mainin tisu, plastik, botol kosong, gelas kertas, dan benda-benda di sekitarnya yang dia baru pertama kali liat. Namanya juga fase eksplor yaa… Jadi yaudah, Fox ditinggalkan begitu saja tanpa di sentuh =)) Di perjalanan cukup siapin tisu buat dia sobek-sobek, siapin botol kosong buat dia pukul-pukul atau buka-tutup, siapin gelas kertas buat dia gigit-gigit, sudah cukup bisa mengalihkan perhatiannya =)) Mainannya sih selalu gue gantung di daypack, cadangan kalo dia bosen sama tisu :))

Obat-obatan
Gue selalu siap sedia obat-obatan bayi di daypack. Buat worst case aja, jaga-jaga. Obat-obatan yang gue tulis ini selalu minta resep dokter yaa, bukan beli di warung/apotek terus baca dosis di bungkusnya. Nggak pernah. Takut coy! Buat anak kok coba-coba :p Jadi gue ke dokter, kasitau mau pergi jalan-jalan (ga dilarang kok :p), terus nanya obat-obatan penting apa yang harus dibawa dan kapan harus dikasihnya (indikasinya).

Obat-obatannya adalah:

  • Tempra Drops – wajip yes. Kalau lagi jalan, tiap malem gue minumin walaupun ga anget. Karena takut kecapean dan badannya ga enak.
  • Nipe Drops atau Celestamine – buat Flu
  • Zinc – Kalau diare
  • Oralit – Kalau diare
  • Ferriz – Zat besi daily anak gue

Obat-obatannya di taro zipper bag juga? Kenapa enggak?! Malah untuk naik pesawat, begitu disaraninnya biar ga bleberan kalo tumpah karena perubahan tekanan udara πŸ˜€

Sekian sharing dari saya. Yang saya rasa bukan bikin nambah ilmu tapi nambah pusing ya kayaknya :))

Yah, tapi seiring berjalannya waktu, bayi tambah gede, bawaannya akan berubah mengikuti usianya. Mungkin nanti gue akan sharing lagi di edisi Traveling with Toddler – yang pasti much more challenging than baby :))

Happy traveling mommies!!

Leave a Reply

