Uncategorized

Perpanjang SIM A dan SIM C di Tangerang Selatan

Alhamdulillah berhasil perpanjang SIM tanpa calo! Prosesnya 2 jam. Lama apa cepet ya itungannya?

Disclaimer: paragraf pertama isinya cerita (lebih ke curhat) gue selama proses perpanjangan SIM dari awal sampe akhir. Silakan langsung ke poin-poin penting terkait perpanjangan SIM di paragraf selanjutnya :))

Mumpung cuti, dan SIM mau kadaluarsa dua-duanya, yaudah gue putuskan buat perpanjang aja sebelom kadaluarsa. SIM itu harus diperpanjang sebelum kadaluarsa.


3 hari sebelum perpanjang, gue caritau tentang SIM Online, dan akhirnya memutuskan untuk melakukan pendaftaran perpanjangan SIM secara online di http://sim.korlantas.polri.go.id/. Gue langsung kagum, canggih juga nih Polri, kita bisa daftar online, pilih tanggal kedatangan, sama pilih tempat perpanjang mau dimana. Gue pilih di Polres Tangerang Selatan, yang paling deket sama rumah sekarang. Untuk perpanjangan SIM A, pendaftaran online gue berhasil. Tapi buat perpanjangan SIM C, abis tahap masukin data (termasuk nomor SIM), pendaftaran gue gagal, keterangannya karena SIM gue sudah kadaluarsa. Pas gue cek ke panduan penggunaan, hal ini bisa terjadi dikarenakan data SIM gue gagal termigrasi saat perpindahan sistem….well…. Anyway, di hari kedatangan yang sudah gue pilih, jam 7 pagi gue berangkat dari rumah menuju Polres Tangerang Selatan, karena di email konfirmasi pendaftaran dikasitau untuk datang ke Polres Tangerang Selatan jam 08:00 – 12:00. Biar ga kena antrian panjang juga sih. Sesampainya di Polres Tangerang Selatan, Bapak Polisinya bilang “Pelayanannya di Cilenggang bu, bukan disini. Disini belum bisa.” Jeng! Emang sih, gedung Polres nya terlihat baru dan masih sepi gitu… Yasudah langsung meluncur ke Kantor Satpas Pembantu di Cilenggang. Untung berangkat agak pagi, jadi belum panjang antriannya. Sampai di Cilenggang jam 8 kurang 10, antriannya udah sekitar 30 orang. Setelah ambil form kesehatan, cek kesehatan (perpanjang SIM juga butuh cek kesehatan loh), dan bayar (kesehatan dan perpanjangan), kita dikasi form lagi buat diisi sebelum foto dan sidik jari. Pas nyerahin form ini ke loket, loketnya ada 2, pendaftaran biasa dan pendaftaran online. Tapi kayaknya ga ngaruh di kantor pembantu ini :)) Gue aja akhirnya masukin ke pendaftaran biasa :)) Abis itu foto, sidik jari, udah deh langsung ambil SIM nya!

Jadi begini proses perpanjang SIM A dan SIM C di Kantor Satpas Pembantu Tangerang Selatan dengan metode pendaftaran SIM Online

1. Lakukan pendaftaran di http://sim.korlantas.polri.go.id/. Jangan lupa baca Panduan Penggunaan (http://sim.korlantas.polri.go.id/download/user_manual_reg_online.pdf), biar ga banyak pertanyaan. Tapi mudah banget kok ngisi data-datanya. Pastiin aja sesuai KTP kamu yang berlaku saat ini. Paling yang bingung pas nentuin mau perpanjang di Polda mana…

2. Siapkan dokumen yang harus diserahkan saat perpanjangan SIM A dan SIM C. Dokumennya antara lain:

  • Fotokopi KTP – 3 lembar
  • KTP asli
  • SIM A lama asli
  • SIM C lama asli
  • Surat keterangan sehat (liat penjelasan detail tentang ini di poin 4)

Jangan lupa bawa pulpen!! Buat isi-isi formulir yang lumayan banyak. Jadi bisa hemat waktu juga gaperlu cari pinjeman pulpen.

3. Datang ke tempat perpanjangan SIM yang sudah kamu pilih sebelumnya. Pagi-pagi biar antriannya belum panjang. Karena pendaftaran online atau biasa, antrinya sama aja…

4. Antri di depan tempat cek kesehatan. Jadi buat dapetin surat keterangan sehat, ada daftar dokter yang direkomendasikan sama Polri. Listnya bisa diakses di http://sim.korlantas.polri.go.id/download/dokter_direkomendasikan.pdf. Nah, kalo gue, daripada ribet, gue memutuskan buat cek kesehatan di Polres nya aja. Harusnya semua tempat perpanjangan SIM menyediakan jasa dokter ini sih. Jam 8 loketnya buka, antrian mulai berjalan untuk ambil Formulir Kesehatan dan nomor antrian cek kesehatan. Karena gue perpanjang 2 SIM, jadi gue ambil 2 formulir. Abis dapet formulir, langsung isi formulir dengan data yang diminta, abis itu tunggu giliran nomor urut dipanggil. Prosesnya cepet, kita di tes buta warna dan tes baca huruf jarak jauh. Abis itu formulir diisi dokternya dan di tanda tangan, kita tinggal bayar Rp 30.000 untuk cek kesehatan ini (gue bayar Rp 60.000 karena 2 formulir). Jangan lupa ambil form yang udah di tanda tangani dokter ya.

5. Selesai cek kesehatan, langsung antri bayar formulir perpanjangan SIM. Disini, siapin semua dokumen yang gue sebut di poin 2. Sekaligus siapin uang perpanjangan SIM dan asuransi (optional).

  • Untuk perpanjangan SIM A, dikenakan biaya Rp 80.000
  • Untuk perpanjangan SIM C, dikenakan biaya Rp 75.000
  • Untuk asuransi (boleh iya boleh tidak), dikenakan biaya Rp 30.000 untuk masing-masing golongan SIM (jadi kalo perpanjang 2 SIM, bayar asuransinya Rp 60.000).

6. Setelah bayar-bayar, akan diberikan formulir perpanjangan SIM (warna biru, dan disertakan dengan SIM lama kita disteples ke formulirnya). Langsung diisi data-datanya secepat mungkin (lumayan banyak yang harus diisi soalnya), dan serahkan ke bagian antrian foto dan sidik jari! Kenapa cepet-cepet? Karena antriannya beda lagi, semakin cepat semakin baik.

7. Setelah menyerahkan formulir, kita nunggu dipanggil untuk foto dan sidik jari.

8. Setelah foto dan sidik jari, kita bisa langsung ke bagian pengambilan SIM (tanpa antri, langsung jadi, cakep!). Selesai deh!!!! Pas ambil SIM, ada layar yang harus kita pilih terkait kepuasan kita akan pelayanan SIM ini (kayak di ****mart). Sangat Puas – Puas – Tidak Puas. Tentunya gue pilih Sangat Puas!

Gue dateng jam 07:50. Dapet antrian kesehatan nomor 32, dipanggil cek kesehatan jam 08:30. Langsung urus ambil formulir, bayar, isi formulir, dan menyerahkan formulir jam 09:00. Dipanggil foto jam 09:45 (menunggu paling lama, 45 menit). Selesai foto 09:55. Ambil SIM jam 10:00. Pas 2 jam πŸ™‚

Total biaya yang gue keluarkan untuk perpanjang SIM A dan SIM C adalah Rp 275.000.

Sebenernya, kalo cuma perpanjang, enakan di SIM Keliling daripada Polda/Polres/Satpas. Katanya lebih cepet, ga antri. Bahkan ada yang di mall (Gandaria City). Sayang, gue telat tau info ini :)) Yaudah, 5 taun lagi gue coba perpanjang SIM di mall deh!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s