ASI

Cerita ASI – ASI dan Menstruasi

Pas usia si bayik 9 bulan kemarin, akhirnya saya menstruasi lagi. Bener-bener pas banget si bayik 9 bulan :)) 

Rasanya gimana? Legaaa #lah. Abisnya selalu dikira udah isi lagi :)) Rasanya gimana ya, setelah terakhir mens itu adalah sebelum nikah (nifas tidak dihitung :p), ada seneng ada sedihnya lah. Sedih gabisa solat 24x7x30 lagi. Senengnya kenapa ya tapi haha. Seneng tandanya bisa hamil lagi #lah =))

Kalo lagi ASI eksklusif, memang biasanya si ibu akan tidak menstruasi selama beberapa waktu (kalo saya, 9 bulan). Hal ini normal-normal saja, karena tubuh ibu yang menyusui mengeluarkan hormon prolaktin (hormon yang merangsang produksi ASI). Dengan adanya hormon prolaktin ini, hormon progesteron dan hormon estrogen (hormon yang mengatur menstruasi) tertekan, sehingga jumlahnya menjadi sedikit atau bahkan tidak ada. Dengan tertekannya hormon tersebut, menstruasi pun tidak terjadi.

Menyusui eksklusif itu bisa juga dibilang sebagai ‘KB alami’. Saat menyusui, hisapan bayi menyebabkan perubahan hormonal dimana hipothalamus mengeluarkan Gonadotrophin Releasing Hormone (GnRH) yang menekan pengeluaran Luteinizing Hormone (LH) dan menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur). Tapi yaa tetep ati-ati ya walaupun belom mens abis ngelahirin, ada aja kasus yang langsung hamil lagi =))

Ada yang bilang, kalo lagi mau haid atau pas haid, jumlah produksi ASI bakal berkurang dari biasanya. Alhamdulillah, kalau saya enggak ngaruh hehe. Mungkin PMS-nya kali yaa (yang kadang bikin moody) jadi bisa mempengaruhi jumlah produksi ASI. Tinggal latihan manage emosi aja kalo gitu :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s