ASI

Cerita ASI – Males Pumping

#CurhatBusui

Saat si bayi mulai menginjak usia 7 bulan, gue jadi males pumping. Ada beberapa faktor yang bikin gue jadi males pumping.

Pertama, si bayik makannya mulai banyak. 3x makan besar dan 2x selingan. Minum susunya jadi jauh berkurang. Sehari cuma nurunin 300ml dari freezer. Tapi malem masih nenen langsung kok. Kedua, kayaknya kerjaan di kantor makin banyak dan makin menyita waktu. Curi-curi kabur ke nursing room jadi makin sulit. Kalo ada jadwal meeting, ya diduluin deh itu meeting nya. Kalo ada spare 15 menit atau udah ga nahan bengkaknya, baru deh kabur ke nursing room :p

Awal balik kerja gue pumping 2x sehari, sekarang jadi sehari sekali, atau malah ga pumping sama sekali. Tapi alhamdulillah nya dari sekali pumping itu masih dapet 300ml – sama kaya kebutuhan si anak bayik selama ditinggal kerja sehari πŸ™‚ Jadi ga defisit (kecuali pas ga pumping dan ga bawa pulang ASI sama sekali, baru deh defisit).

Alhamdulillah masih dikasih rejeki ASI sama Allah walaupun guenya malesss banget. Tapiii, gue tidak malas mengontrol asupan makanan buat maintain produksi ASI. Setiap pagi gue masih makan sayur katuk atau sayur bayam, juga makan buah pepaya. Setiap hari yah. Nggak lupa banyak minum (3 liter sehari). Dan makan gue masih amat sangat tidak terkontrol :)) Cemilan di meja kantor selalu tersedia, selama kerja pun mulut selalu bekerja tanpa henti (ngunyah teruusss). Mungkin itu juga yang masih nolong jumlah produksi ASI gue πŸ™‚

Terus, gimana kabarnya #ASIsampai2tahun kalau begini caranya?! Tenang~ Sebagai anak risk (caelah), gue sudah mempersiapkan mitigasi akan risiko ini (auk amat). Kalau sampai terjadi tiba-tiba produksi ASI menurun (nauzubillahiminzalik), gue sudah stock teh ASI booster di rumah :)) Gatau sih efeknya bakal secepet apa di tubuh gue, tapi bolehlah buat jaga-jaga…

Selain itu, sampai tulisan ini dibuat, stock ASIP di freezer masih ada sekitar 160 botol. Kalau sehari 3 botol, tandanya masih aman buat stock 53 hari.

Mudah-mudahan, cita-cita memberikan ASI untuk anak gue sampai minimal 2 tahun dapat terwujud! Aamiin ya Rabbal aalamiin……

Penutupnya ga nyambung banget ya =)) Yah maklumin ya namanya juga curhat #lah

Sekianlah curhatan mamak menyusui kali ini πŸ˜‰

Advertisements

One thought on “Cerita ASI – Males Pumping

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s