ASI · Baby Story

Cerita ASI – GIGI!!

Alhamdulillah, gigi anak gue mulai tumbuh dari doi berusia 6 bulan………

Langsung 2 pula numbuhnya (yang bawah). Kebetulan, gue udah baca-baca pengalaman menyusui dan gigi tumbuh. Jadi ga takut dan ga kaget atas apa yang akan terjadi (apalah).

Siapa hayoo yang ngeri-ngeri sedep pas tau gigi si bayik udah muncul dan doi masih rajin nete sama kitaaa? Gausah takut! Gue bakal share pengalaman gue nih! Dibaca yaa! (Lagi kenapa sih gue…..).

Pas giginya mulai tumbuh, bayi akan merasakan gatel pada gusi, dan gusinya akan sobek karena terdorong gigi dari dalam. Ada bayi yang rewel, ada yang nggak. Ada bayi yang gemesss pengennya gigit-gigit buat ngilangin gatelnya, ada juga yang cool biasa aja kaya ga ada apa-apa. Ada yang pas nenen gemes gigit puting ibunya, tapi tenang, ada juga yang enggak 🙂

Semua bisa diatur (bahasa gue lagi kesambet apaan sih). Selalu ingat, bayi itu pintar. Mereka bisa diajarin. Mereka bisa dibilangin. Mereka bisa dikasihtau.

Berdasarkan yang gue baca, ada ibu yang pas anaknya nenen terus gigit puting, reaksinya teriak. Entah “aaww!”, atau “aduh!”, atau “ah, sakit!”. Nah, ini bahaya. Karena reaksi seperti ini mengajarkan anak kalau ternyata gigit puting itu menyenangkan. Membuat mindset di otak anak, bahwa kalau mereka gigit, Ibu akan teriak! Tandanya Ibu senang! Jadi, mereka akan terus melakukannya lagi. Tanpa tau kalau itu sebenarnya menyakitkan si Ibu. Karena mereka belum tau arti kata ‘sakit’. Yang mereka tau hanya ekspresi dan emosi. Dimana kalau kita teriak, mereka kira kita bahagia 😀

Ada juga ibu yang pas anaknya nenen terus gigit puting, reaksinya marah. Ngelepas mulut bayi dari puting, tutup BH, terus ngambek. Lah. Ibunya baper :p Gue gatau sih ada Ibu yang pernah kaya gini apa nggak, tapi yang jelas, gue pernah……. #ngakudosa #ibubaperan

Pas gue begini, yang ada bayinya bingung. Ngeliatin gue, dengan muka cengo dan melas, terus liatin nenen yang sudah tertutup rapat (dengan harapan akan dibuka lagi). Kalau ga dibuka lagi, nangislah doi. Tapi reaksi ini ga baik ya buibuk, jangan ditiru :)) Mungkin saya lagi PMS waktu begini :))

Alhamdulillah, sekarang gigi bayi gue udah mau 6 di usianya yang baru 10 bulan. Termasuk ukuran cepat dan banyak :)) Tapi bayi gue tidak pernah (lagi) menggigit puting gue kalau sedang nenen 🙂 Waktu awal baru ada gigi, dia gemes dan suka gigit puting. Reaksi yang gue lakukan adalah, memberi pengertian ke si bayi, kalau dia melakukan itu gue kesakitan. Caranya gini:

  • Bayi gigit puting
  • Gue mengeluarkan suaran mendesis kesakitan ‘hsss’, dan memasang ekspresi kesakitan, sambil megang payudara. Kadang gue posisikan kayak mau narik payudara dari mulutnya, kadang kalau sakit banget (sekali gigit kenceng) dan gue ga tahan, gue langsung masukin jari kelingking ke sela-sela gigi dia (jadi yang dia gigit selanjutnya adalah jari gue).
  • Terus gue ngomong “nak, kalau kamu begitu, bundanya sakit nak. Yang baik yah nenennya :)”. Gue sangat menghindari penggunaan kata ‘jangan’ kepada anak. Pas awal-awal praktek ini kadang masih keceplosan pake kalimat negatif. Tapi lama-lama jadi kebiasa pake kalimat positif kok. Biasanya pas gue ngomong, doi ngeliatin gue dengan seksama seakan memahami apa yang gue omongin 😀

Nah, itu gue lakukan terus menerus setiap dia gigit puting. Hasilnya? Seminggu kemudian, sampai hari ini, anak gue tidak pernah lagi gigit puting karena gemas 🙂 Percayalah, mereka sangat pintar dan bisa diajarkan walaupun masih sangat kecil 🙂

Happy breastfeeding! Jangan takut sama gigi! Semangaat!

One thought on “Cerita ASI – GIGI!!

Leave a Reply

