ASI · Baby Story

Cerita ASI – Setelah Kembali Bekerja

Sebagai karyawan di sebuah bank asing, saya bekerja dari Senin sampai Jumat, jam 8-5 (idealnya, seringnya sih jam 9-7 :p). Sejak hamil, saya sudah bertekad untuk memberikan ASI eksklusif untuk anak saya.

Seperti yang pernah saya ceritakan disini, di hari awal saya kembali bekerja, produksi ASI saya sedang menurun (karena Demam Berdarah). Alhamdulillah, setelah berjuang dan berdoa, di minggu kedua bekerja, produksi ASI saya mulai meningkat lagi πŸ™‚ Kuncinya saat itu: rajin pompa seberapapun dapetnya. Jangan cepat kecewa walaupun cuma dapet setetes-setetes. Karena frekuensi itu lebih penting dari kuantitas. Semakin sering di pompa, semakin sering dirangsang, semakin banyak produksi ASI.

Alhamdulillah, kantor saya sangat busui (Ibu Menyusui-red) friendly. Saya cintaaa banget sama kantor saya! Kantor saya menyediakan nursing room di setiap lantai. Jadi totalnya ada 6 nursing room, karena kantornya terdiri dari 6 lantai. Di setiap nursing room, fasilitasnya komplit banget:

  • Kulkas (khusus ibu menyusui), 2 pintu
  • Colokan (banyak)
  • Kursi (yang sangat nyaman)
  • Wastafel
  • Gordyn (buat jadi penyekat)
  • Rak (untuk taro tas, breast pump,botol kaca, dll)
  • Frame foto (buat naro foto anak, jadi tiap pumping bisa sambil mandangin muka anak, jadi semangat pumping-nya hihi)

Lengkap kan? Udah gitu, ruangannya di cat warna pink dengan wallpaper bangau-bangau terbang. Sangat nyaman dan relaxing deh pokoknya!


JADWAL PUMPING

Di awal kembali bekerja setelah cuti melahirkan, saya punya jadwal pumping maksimal setiap 4 jam sekali (karena juga masih dalam rangka mengembalikan jumlah produksi ASI yang berkurang saat itu). Jadwalnya:

  • Jam 9 (saat baru sampai)
  • Jam 13 (setelah makan siang)
  • Jam 17 (setelah pulang)

Lanjut dirumah:

  • Jam 21 (sebelum tidur)
  • Jam 1 (atau sebangunnya bayi)
  • Jam 5 (setelah subuh)

Jadi, totalnya di kantor 3x pumping. Lalu sekitar bulan kedua setelah masuk kerja dan setelah produksi ASI kembali normal, saya merubah jadwal pumping menjadi 6 jam sekali: jam 9 dan jam 15.

JUMLAH PRODUKSI

Dapet berapa ml? Di awal kerja, bisa bawa pulang 300-400ml. Namun setelah produksi ASI kembali normal, saya bisa bawa pulang oleh-oleh 600-800ml buat si bayik πŸ™‚ Dengan jumlah hasil per sesi 300-400ml.

DURASI PUMPING

Durasi pumping saya di awal masuk kerja rata-rata 1 jam. Alhamdulillah saya punya bos yang super baik dan gapernah mempermasalahkan ‘hilang’nya saya di jam kerja πŸ˜€ Di bulan kedua setelah masuk kerja, saya baru mempraktekkan lagi teknik marmet (memerah dengan menggunakan tangan). Jadi, yang 1 di pompa menggunakan breastpump, yang satu lagi di pompa menggunakan tangan. Sehingga saya hanya menghabiskan 30 menit saja sekali pumping πŸ™‚ Lumayan hemat waktu banget ya, jadi ga ngilang lama-lama di jam kerja hihi.

Makin kesini saya makin males pumping. Disamping karena kerjaan makin banyak, juga karena suka gaenak ‘menghilang’ 30-60 menit dari meja buat pumping. Ditambah lagi si bayik sudah mulai makan, jadi minum susunya berkurang. Tapi alhamdulillah, produksi ASI masih melimpah. Masih bisa menabung ASI dan tidak defisit.

Kadang temen-temen pumping di kantor suka iri sama saya. Saya yang hanya pumping setengah jam, bisa dapet 300-400ml dalam sekali pumping. Sedangkan mereka yang sudah 1 jam pumping hanya dapat 100-200ml. Hehe. Ini bukan mau sombong atau gimana ya, tapi saya yakin Allah tau, saya ini orangnya pemalas. Jadi saya dikasih rezeki dalam bentuk ASI saya banyak sekali pumping :p Jadi gaperlu bolak-balik nursing room juga. Alhamdulillah…

Cerita tentang apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan pumping di kantor, akan saya post di cerita selanjutnya ya. So, stay tune! πŸ˜‰ *gaya banget kayak ada yang nungguin aja wkwk

Advertisements

2 thoughts on “Cerita ASI – Setelah Kembali Bekerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s