Baby Story · Family

Cerita Perkembangan Baby A – 6 Bulan Pertama

Selamat 6 bulan anak ganteng! Selamat S1 ASI eksklusif! Alhamdulillaah lulus S1 ya kita, Nak 🙂


Makasih ya anak soleh, anak baik, anak pinter, 6 bulan ini Ayah sama Bunda ga perlu keluarin uang buat beli susu sama diapers (eh pernah sih beli diapers tapi cuma di bulan pertama dan Ayahnya yang beliin wkwk) 🙂 Semoga gaperlu beli susu sama diapers sampe lulus S3 ASI ya jadi uangnya bisa ditabung aamiin o:)

Sempet ada drama Jaundice atau yang biasa dikenal dengan ‘bayi kuning’ di bulan pertama, bilirubinnya sempet 13 (normalnya dibawah 11) seminggu setelah pulang dari RS, tapi alhamdulilllah dengan kekuatan doa terutama dari eyang-eyangnya, masa kritis itu terlewati tanpa harus dirawat dan ga lama 🙂 Pokoknya jejelin ASI terusss walaupun anaknya males dan maunya bobo terus.

Gue gapernah beli deterjen khusus bayi, ataupun sabun cuci piring khusus bayi. Biar ga jadi anak manja! (Padahal emang dasar emaknya aja kere :p) alhamdulillah anaknya ga rewel, kulitnya baik-baik aja dan pencernaannya juga oke-oke aja tuh pake s*klin sama s*nlight :p (kemudian dikomen sama ibukibuk sejagat raya) :))

Selama 6 bulan ini baby A sempet sakit 2 kali:

  • Ruam popok karena lactose intolerant (kemudian emaknya gaboleh minum susu). Dikasih obat salep namanya Mefurosan (yang kayaknya agak keras), cuma beberapa kali pake alhamdulillah langsung sembuh.
  • Pilek (ketularan emak bapaknya). Dikasih obat Nipe drops.

Kalo panas abis imunisasi, cukup minum Tempra drop sekali aja pas abis imunisasi, alhamdulillah langsung turun panasnya.

Terus mulai 4 bulan, dikasih zat besi namanya Ferriz Drop. Diminum 2 x 0,3ml setiap hari.

Yak inilah rangkuman singkat perkembangan anak saya 😀

Bulan pertama:
BB: 4,095 kg
TB: 57 cm

-Tidur
Masih banyak tidurnya. Belum begitu tau siang dan malam. Tiduuur aja terus haha. Alhamdulillah yang kalo kata orang ‘siap-siap begadang’, baby A punya ritme tiap malem bangun cuma 2x, jam 2 dan jam 4. Tidurnya jam 9. Gue ga ngerasa harus ‘begadang’ tiap malem, masih enjoy bangun buat nyusuin dengan ritme seperti itu.

-Nyusu
Masih jarang-jarang dan sedikit-sedikit. Katanya sih bayi laki bakal kenceng mimiknya, tapi baby A di bulan pertama masih belum terlalu banyak nyusu. Dan itu gue jadikan kesempatan buat mompa dan nabung ASI!

-Pipis dan Pup
Super sering! :)) Sehari bisa ganti popok sampe 17x! Pup nya bisa 5x. Di bulan pertama, baby A tidak menggunakan disposable diaper selain saat tidur malam, buat ngenalin ke dia bedanya siang-malam. Hubungannya apa? Karena kalo bobok pake disposable diaper lebih nyenyak, ga kebangun bangun gara-gara popok basah (nyambung ga? Sambungin ajalah ya gitu pokoknya paham kan #maksa). Siang pake popok kain, biar lebih sering bangun, dan malem pake disposable diaper biar bobo nyenyak. Biasanya gue gantiin pake disposable diaper itu pas mau tidur, jam 9 malem, dan gue ganti lagi setiap dia bangun nyusu (karena tiap dia bangun biasanya pup). Semalem bisa abis sekitar 3-4 diaper. Lumayan boros ya :p

-Jemur matahari pagi
Karena sempet kuning di minggu kedua, gue jemurnya lebay, sejam, dibolak balik, sampe kulitnya menggelap. Maaf ya sayang, gapapa kok jadi macho :p

-Gerakan
Baby A punya gerakan unik yang gue sebut ‘air bender’. Soalnya dia suka tiba-tiba kaget, dan gerakin tangannya kayak mau nangkep sesuatu :)) Lucuuu banget! :3 Refleks menggenggamnya masih sangat kuat. Gerakan kakinya sangat aktif, gabakal bisa dibedong, baru dibedong 5 menit udah bubar semua kain bedongnya ditendangin haha. Kalo di tengkurepin udah mulai angkat-angkat kepala walaupun durasinya sebentar.

-Sosial
Baru kenal satu bahasa: nangis. Tapi alhamdulillah proses gue mendekripsi tangisannya ga lama :)) Alhamdulillah juga baby A termasuk anak baik yang anteng, jaraaang banget nangis. Kayaknya nangis yang kejer banget gitu baru 2x deh pas bulan pertama. Sisanya nangis palsu sinetron minta perhatian aja haha.

Bulan kedua:
BB: 5 kg
TB: 58,5 cm

-Tidur
Mulai ada ritmenya. Karena mungkin kegiatan setiap harinya berulang, dan udah mulai gue kenalkan siang dan malam.

Jam 7: bangun – jemur matahari.
Jam 8: mandi – nyusu – tidur.
Jam 11: bangun – nyusu -main – tidur – bangun – nyusu – main – tidur, repeat sampe jam 4.
Jam 16: mandi – nyusu – tidur.
Jam 19: bangun – nyusu/main/tidur, sampe jam 9.
Jam 21: tidur (gue juga tidur), jam 23, jam 2, jam 4, bangun nyusu.

Lah kok gitu-gitu aja ya :)) ya namanya juga bayi, belom bisa duduk, rebahan doang, kerjaannya ya gini-gini aja hehe. Mayan sih pas nonton euro tengah malem jadi ada yang bangunin dan nemenin (another ga nyambung moment)…

-Nyusu
Mulai banyak dan sering! Gue udah ga mompa lagi, karena selalu hampir dihabiskan oleh baby A (dan kebetulan karena ga dibolehin juga sama dokter anak).

-Pipis dan pup
Masih sama kayak bulan pertama. Super sering. Tapi sekarang pupnya lebih banyak, karena nyusunya udah lebih banyak juga kali ya. Lah terus kalo gitu yang jadi daging sedikit dong (ah lupakan).

-Gerakan
“Air bender” udah menghilang, hiks. Matanya udah mulai bisa ngikutin benda yang digerakin, apalagi kalau warnanya cerah. Kalo ditengkurepin angkat kepalanya lebih tinggi dan lama. Seneng banget kalo digendong tegak (kalo lagi nangis trus digendong tegak, langsung diem). Gerakan tangan dan kaki lebih aktif, apalagi kalo lagi distimulus sama mainan. Dia nunjukin gerakan kayak mau megang mainannya, tapi masih gatau cara genggam, jadi paling kepukul-pukul doang mainannya. Mulai masukin tangan ke mulut.

-Sosial
Selain nangis, menjelang 2 bulan baby A udah mulai coo-ing! ‘aaaooo’, ‘eeeaaa’, apalagi kalo diajak ngobrol, langsung bawel! Hihi lucuuu banget gemesh! Mulai bisa diajak ketawa dan senyum-senyum. Udah ngenalin suara ayahnyaaa, kalo diajak ngobrol ayah langsung semangat nyaut, tapi kalo bunda dicuekin, paling disenyumin aja. Haft.

Bulan ketiga:
BB: 5,9 kg
TB: 62 cm

-Tidur
Makin jarang bangun malem (hamdalah). Kadang cuma 2x, ga tentu tapi jamnya. Kadang kasian, takut laper, tapi trus mikir ‘kalo laper pasti bangun nangis kok’ :)) Bobo siangnya jadi sebentar-sebentar. Jarang sampe 1 jam. Paling 45 menit, bangun, main atau nyusu, tidur lagi tapi ga lama. Mulai banyak melek siang, tidur malem. Yeaay anak pinter dan baik, ikutin jam tidur orangtuanya yaah hihi.

-Nyusu
Masih sama kayak bulan sebelumnya. Tapi sekarang udah ditinggal kerja (hiks). Selama kerja gue tinggalin stok 6 botol @100ml. Buat dari jam 8 pagi sampe 6 malem. Sebelom berangkat kerja (jam 6) dia nyusu langsung dulu, malem juga masih kebangun buat nyusu. Minum ASIP nya gapake dot, tapi disendokin. Atau kadang pake gelas sloki.

-Pipis dan pup
Gue kan mulai pakein clodi (cloth diaper – nanti ada postingan terpisah tentang ini kalo gak males), karena udah agak pas ga kegedean lagi. Jadi kurang memperhatikan seberapa sering pipisnya :)) Tapi paling nggak 2 jam sekali gue ganti clodi, karena kayaknya baby A termasuk yang heavy wetter. Kalo pup, agak berkurang, sekarang 3-5x sehari. Tapi banyak bangettt (pas lagi diganti clodi, dia bisa pup lagi, bisa ngeden sampe 5x baru kelar pupnya) dan baunya mulai gaenak :))

-Gerakan
Masih sangat suka digendong tegak. Sekarang kepalanya udah lebih tegak (kuat nopang sendiri). Kalo ditengkurepin udah angkat kepala lumayan tinggi dan lama (semenitan). Gerakan kaki tangan aktif, sama seperti bulan sebelumnya. Tidurnya mulai miring sana miring sini geser sana geser sini :)) Tangannya udah lebih sering lagi masuk ke mulut, tapi masih suka meleset karena koordinasinya belum sempurna (ini lucu banget prosesnya nyari tangan biar masuk mulut haha). Kalo dimiringin udah bisa tengkurep sendiri (sesekali), tapi tangannya masih kejepit :p

-Sosial
Udah lebih bawel, mulai bisa teriak-teriak! Kalo diajak ngobrol seneng banget, langsung respon ‘aaa’ ‘ooo’ ‘eee’. Udah ngenalin muka bunda :”) Tiap liat muka bunda langsung senyum manis lebar banget malu-malu minta dicium. Gemesh! Mulai sadar lingkungan, kalo bangun tidur dia lagi sendiri, langsung nangis kejer banget. Padahal kemaren-kemaren biasa aja paling ponga pongo sendiri tapi ga nangis. Sekarang nangis. Kalo bunda minta izin mandi atau solat, nangis (kayak yang udah ngerti aja haha).

Bulan keempat:
BB: 6,2 kg
TB: 64 cm

-Tidur
Pagi sampe sore udah tambah jarang tidur. Paling setengah jam doang. Sisanya ngajak main terusss. Jadinya pas malem bobonya lama 🙂 Cuma bangun sekali, jam 2 atau 3.

-Nyusu
Selama ditinggal kerja, dari jam 6-8, bisa abis 6-8 botol @100ml. Pernah juga abis 1 liter (10 botol)….. Sebelom berangkat kerja dan pas pulang kerja atau pas malem masih nyusu langsung juga. Minum ASIP nya sekarang pake Medela softcup feeder.

-Pipis dan pup
Frekuensi pup berkurang, jadi 2-3x sehari. Tapi pipisnya jadi buanyakk sampe clodi tembus-tembus. Pipisnya bisa setengah jam sekali. Minumnya seliter, pipisnya juga seliter kali yak :)) (lah terus kaga jadi daging dong…….lupakan)

-Gerakan
Jadi tambah hobi makan tangan, terus diisep sampe bunyi. Mulai ngences dan banyak, kalau tengkurep atau didudukin. Mulai seneng miring-miring terus tengkurep sendiri, dan tangannya udah ga kejepit. Kalo tengkurep, ngangkat kepalanya udah lebih tinggi dan lebih lama. Gerakan tangan dan kakinya tambah aktif, kalo ketendang lumayan juga sakit :)) Mulai narik-narikin kaki pake tangan. Seneng banget kalo diberdiriin, udah napak dan kayak mau jalan gitu. Udah bisa pegang dan gigit-gigit teether.

-Sosial
Ngocehnya tambah rameee. Sempet kedengeran ngomong ‘ayah’ pas lagi main sama gue dan ayahnya 😀

Bulan kelima:
BB: 6,6 kg
TB: 65 cm

  • Udah jago guling-guling. Kalo lagi digantiin clodi atau dipakein baju ga ada anteng-antengnya lagi. Maunya balik badan terus :))
  • Udah bisa masukin jempol kaki dan bahkan sekaki-kaki ke dalem mulut.
  • Suka ngoceh sendiri. Kalo dulu harus dipancing, sekarang hobi ngobrol sendiri :)) dan bawel bangettt. Udah kayak ngobrol, cuma ya bahasa planet……
  • Kalo disodorin sesuatu langsung reflek mau ambil, dan kemudian kalo dapet langsung dimasukin ke mulut :))
  • Udah bisa genggam barang, mainan, boneka, teether, apapun deh.
  • Udah bisa diajak ketawa 🙂 ketawa sampe geli gitu, gemesh banget!
  • Suka pura-pura batuk (acting) kalo minta digendong, atau mau nenen! Ini lucu-lucu gemes ngeselin sih :))
  • Kalo diberdiriin udah napak dan mau ngelangkah jalan. Udah kuat pijakannya.
  • Sekarang tangannya suka gerak-gerak kayak Demian kalo bilang ‘sempurna’ gitu (aduh maapin contohnya demian banget haha). Kayak mau jaipongan…lebih aneh lagi :)) ya gitu deh pokoknya….
  • Suka banget mainan plastik, tertarik sama bunyinya kali yaa. Terus kalo dikasih tisu, udah bisa sobek-sobekin sendiri.
  • Mulai didudukin di car seat kalo jalan-jalan. Alhamdulillah anteng (kalo banyak mainan dan ga dicuekin) haha.
  • Suka mukul-mukul apapun yang ada didepannya – perutnya, tangan yang gendong, meja, kotak tisu, botol, apapunlah :)) Jadi kayak udah bisa diajak tos B-)
  • Udah kenal sama orang. Terutama orang rumah.

Kalo kata orang-orang, baby A termasuk bayi ‘sumeh’ (bener ga tulisannya? Haha). Suka ketawa, banyak senyum, sama siapa aja mau 🙂

Sekarang kita berjuang buat MPASI yaa 😀 Semoga bisa lulus MPASI rumahan dan bebas gula + garam 🙂 aamiin o:)

Sehat terus ya sayang! Tambah soleh, tambah pinter, tambah baik, tambah kuat, tambah hebat. Ayah dan Bunda love you 😀

asix-s1-blank

Advertisements

2 thoughts on “Cerita Perkembangan Baby A – 6 Bulan Pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s