ASI · Baby Story

Cerita ASI – Cara Memperbanyak Produksi ASI

Sekedar sharing pengalaman gue pribadi, mudah-mudahan bermanfaat πŸ™‚

    Gue sempet kena demam berdarah (DBD), tepat 1 minggu sebelum kembali masuk kerja (dan tepat hari pertama mbaknya baby A dateng). Setelah sembuh dan mulai masuk kerja lagi, produksi ASI gue agak menurun. Nggak sebanyak biasanya. Kayaknya sih gara-gara:

    1. Selama sakit, gue jarang nyusuin baby A secara langsung. Karena kan guenya harus bedrest total. Gaboleh gendong-gendong takut kecapean.

    2. Udah jarang nyusuin secara langsung, gue pun ga mompa #plak

    3. Abis sakit langsung masuk kerja. Mungkin badan dan pikiran gue jadi capek karena sekarang perjalanan pulang perginya beda dan lebih banyak berdirinya (yaiyalah pas hamil kan dikasih duduk prioritas terus :p). Dan mungkin badan gue lagi adaptasi sama kegiatan baru lagi.

    Mulai ngerasa produksi ASI berkurang itu pas pumping di rumah setelah agak sembuh dan segeran. Kok cuma dapet sedikit (50ml dalam 15 menit), ga kaya biasanya (100ml dalam 10 menit). Terus gue mikir: oh mungkin karena abis sakit, terus kan masih nyusuin langsung juga, jadi gapapa lah segini masih normal. Nah tapi pas hari pertama masuk kerja dan pumping di kantor, baru bener-bener kerasa produksi ASI turun banget. Biasanya 5 menit udah dapet 50ml, ini udah 15 menit belom juga dapet 50ml. Padahal udah hampir 4 jam ga nyusuin (biasanya kalo 4 jam ga nyusuin udah bocor). Langsung sedih 😦 Jadi di hari pertama ngantor, gue cuma bisa bawa pulang ASIP sekitar 300ml. Padahal baby A butuh 800ml sehari selama ditinggal kerja 😦

    Gue tambah bingung dan sedih pas sampe rumah dan ngecek freezer, persediaan ASIP yang sudah gue tabung selama cuti hamil sebanyak 70 botol, sekarang tinggal 30 botol karena diminumin selama gue sakit DBD kemarin…

    Jadi gue mulai bingung dan pusing mikirin gimana cara menuhin kebutuhan ASI baby A selama gue tinggal kerja…

    Akhirnya gue memutuskan mencoba minum Milmor Plus. Karena pernah diceritain pengalaman sahabat gue minum itu katanya langsung ngaruh, 1 hari minum Milmor, ASI nya bisa kembali banyak lagi. Tapi ternyata setelah gue minum, ga langsung muncul efeknya di gue! Udah minum sehari, dua hari, tiga hari….ASI nya masih tetep sedikit. Gatau kenapa…apa karena pengaruh pikiran juga kali ya. Tiap pulang kantor terus buka freezer dan liat botol ASIP makin lama makin sedikit, langsung stress :))


    Suatu hari pas lagi pumping di kantor dan kebetulan lagi barengan sama yang udah punya anak 2 (lebih berpengalaman), gue curhatlah ke temen kantor itu tentang kondisi per-ASIP-an gue. Alhamdulillah, dapet masukan dan tips-tips lumayan banyak (ngga salah memutuskan curhat wkwk). Tips yang langsung gue coba terapin: minum 2 gelas, sebelum dan setelah pumping.

    Alhamdulillah setelah rajin minum air putih dan setelah 4 strip milmor (6 hari), produksi ASI berangsur banyak lagi πŸ™‚ bisa menuhin 1 botol 100ml lagi dari 1 PD (payudara) dalam sekali pumping πŸ™‚ alhamdulillaah…

    Kepanjangan curhatnya ini gue yak :)) Maap yaa. Langsung aja deh ini dia tips memperbanyak ASI dan mempertahankan produksi ASI (khususnya untuk ibu bekerja) berdasarkan pengalaman gue pribadi (yang produksi ASI nya sempat menurun karena demam berdarah):

    1. Makan 1 mangkok sayur katuk setiap pagi, dan sayur bayem setiap malam. Di bening aja gausa pake macem-macem. Tambahin jagung biar ada rasa manis.

    2. Makan YANG BANYAK. Gausa pake acara takut gemuk. Selalu inget kalo ini usaha buat anak kita kok. Pasti kita mau yang terbaik kan buat anak, mari berkorban sedikit πŸ™‚ Gemuk bisa dikurusin lagi kok πŸ˜‰

    3. Minum air putih 2 gelas sebelum dan sesudah pumping serta 2 gelas sebelum dan sesudah menyusui. Gue sehari bisa ngabisin 2,5 botol aqua 1,5L (kurang lebih 4L). Beser? Pasti. Tinggal ke kamar mandi aja kok :p

    4. Pumping yang rutin! Jangan males! (Kayaknya ini yang paling cepet bikin balik jumlah produksi ASI). Gue menjadwalkan harus pumping setiap 4 jam sekali (jam 5,9,1). Jam 5 subuh, sekalian bangun. Jam 9 pagi, pas sampe kantor. Jam 1 siang, abis istirahat makan siang. Jam 5 sore, sebelom pulang kantor. Jam 9 malem, sebelum tidur. Jam 1 dini hari, pas baby A kebangun. Gampang kan ingetnya :p Pokoknya berapapun dapetnya, udah kenceng atau belum PDnya, harus pumping. Buat stimulus otak. InsyaAllah setelah 3-7 hari, otak akan terstimulasi dan mulai produksi ASI lagi πŸ™‚ Selalu inget: produksi itu berdasarkan kebutuhan. Jadi harus terus dipancing. Paling berat emang pumping di rumah, abis kerja maunya istirahat aja kan eh masih harus pumping. Tapi lagi-lagi, harus berkorban buat anak πŸ™‚ 

    5. Tetap menyusui langsung, jangan berhenti. Isapan bayi itu jadi rangsangan juga buat otak produksi ASI. Bonding pas lagi nyusuin juga selalu bikin hati ibu bahagia πŸ™‚

    6. Minum milmor atau teh booster ASI atau booster-booster ASI lainnya yang sekarang udah macem-macem banget dijual online. Kalo gue cuma minum milmor plus – 2 tablet 3x sehari. Milmor bisa dibeli di apotek atau century. Milmor agak bikin bau badan lebih tidak sedap sedikit. Ya rajin mandi aja sama jangan keringetan, gabakal bau kok hoho :p

    7. Mau bilang istirahat yang cukup tapi guenya sendiri kadang istirahatnya kurang (namanya juga baru punya bayi yaa). Gajadi masukin tips deh :p
    Nah sekarang tips kejar stok ASIP untuk ibu bekerja:

    1. Pumping sebanyak-banyaknya selama cuti hamil! Karena kita gapernah tau apa yang bakal terjadi nanti (kaya gue yang tiba-tiba sakit dan gabisa nyusuin). Persiapan ga ada salahnya kan πŸ™‚

    2. Pas mulai masuk kantor, bisa nambahin stok ASIP tiap weekend dan libur kerja. Weekend dan tanggal merah jadi hari-hari favorit gue buat kejar stok ASIP. Jadi jangan males pumping walaupun libur yaa. Kalo bisa pumping setiap abis nyusuin, lebih bagus lagi πŸ™‚

    Kalo masih belom berhasil juga, dan terpaksa banget ngasih sufor, jangan sedih! Gapapa kok πŸ™‚ Yang paling penting kan anak kita sehat πŸ˜€ Gue selalu yakin dan percaya, seorang Ibu akan selalu berusaha memberikan yang terbaik buat anaknya. Seorang Ibu pasti tau apa yang terbaik buat anaknya πŸ™‚

    Happy breastfeeding! πŸ™‚

    Persediaan ASIP baby A πŸ™‚
    Rekor pumping terbanyak: 500 ml sekali pumping

    4 thoughts on “Cerita ASI – Cara Memperbanyak Produksi ASI

    Leave a Reply

    