ASI · Baby Story

Cerita ASI – DBD saat Menyusui

Jadi, inilah kisah gue di seminggu terakhir cuti hamil….Pas tanggal 1 Agustus subuh, gue mulai ngerasa badan gaenak. Menggigil kedinginan, kepala sakit (bukan pusing lagi), dan pas di cek temperaturnya 39 derajat celcius! Gue masih coba kuat-kuatin, nemenin baby A jemur matahari pagi, nyusuin, paksain sarapan walaupun pait banget di mulut ga ada rasanya. Setelah agak galau pas mau minum obat (takut kenapa-kenapa sama ASI nya, dan ternyata setelah nanya-nanya kalau Paracetamol tidak berpengaruh ke ASI), akhirnya coba minum panadol biru, dan coba istirahat…yang gagal. Gabisa tiduuur, kepalanya sakit banget 😦

Besok sorenya, gue baru ke dokter. Karena panas ga turun-turun dan gabisa tidur. Dokter kasih obat penurun panas (Sumagesic 600gr) dan penambah stamina (Imunos), semuanya aman buat ibu menyusui. Terus juga dikasih pengantar lab, buat cek darah, dan setelah menunggu hasil selama 2 jam, hasil tes NS-1 nya positif Demam Berdarah (DBD)… Trombosit 173rb. Sama dokter disuru balik besok pagi langsung ke UGD. Sedih, yang kebayang cuma bakal pisah sama baby A 😦

Baby A mulai dipisahkan dari gue T.T bukan cuma takut ketularan, takut guenya tambah kecapean dan gabisa istirahat. Alhamdulillah, pas gue mulai panas, mba yang bakal jaga baby A pas banget baru dateng. Innama’al ‘usri yusroo. Allah Maha Baik πŸ™‚ Dan akhirnya ASI-ASI perahan pertama mulai diturunkan… Dulu, pas awal merah ASI dan tiba-tiba udah 60 botol, gue sempet mikir “ini ASI nanti buat apa ya? Apa nanti gue bakal sakit lama sampe dirawat? Naudzubillaahiminzalik jangan ya Allaah…” Eh, 2.5 bulan kemudian, dikasih sakit sama Allah. Tuh dijawab kan buat apa ASIP nya, ASIP emang penting banget kalo ada emergency gini, ya tapi amit-amit sih jangan sampe sakit lagi ya!

Lalu dimulailah drama pemulihan DBD. Sesuai perintah dokter (gue cek di RSPI), besok paginya gue ke UGD RS Sari Asih Ciputat. Kenapa pindah? Karena RSPI jauhΒ mahalΒ 4:)) Gue ke RS udah bawa koper, persiapan rawat inap. Udah mewek-mewek juga pas main sama baby A sebelum berangkat, karena dia lagi lucu banget, baweel banget, dan pasti bakal kangen banget kalo sampe harus rawat inap :”) Sampe RS, daftar, ke UGD, dikasih pengantar lab, cek darah, ambil hasil, balik ke UGD, trombosit 146rb. Dokter jaganya nanya “mau dirawat apa mau pulang?” dan gue, yang udah siap banget mau nginep tapi dikasih opsi pulang, sukses cengo :)) Jadi, karena masih diatas 100rb, masih boleh pulang. Dengan syarat:

  • Besok pagi balik lagi dan cek darah lagi. Kalo trombosit dibawah 100rb, baru wajib rawat.
  • Banyak makan dan minum.
  • Gaboleh turun dari kasur, bed rest.

Oke dok! Siap laksanakan! Selama masih bisa pulang dan main sama baby A lagi πŸ˜€
Di jalan pulang gue beli Sari Kurma dan Siantan Demam B, sesuai saran dari teman-teman kantor (thanks folks). Di rumah juga dibikinin jus jambu. Walaupun lagi sakit, kalo denger suara anak nangis mah bawaannya kepo ya… Jadi masih suka bangun buat ngecek baby A :p Itu kayaknya tantangan terberat ga di rawat di RS: istirahat kurang maksimal.

DBD hari ke 2. Mengulangi rutinitas yang sama dengan kemarin. Trombosit: 132rb. Masih boleh pulang.

DBD hari ke 3. Trombosit: 114rb. Masih boleh pulang.

DBD hari ke 4. Trombosit: 100rb. Masih boleh pulang setelah nego tipiss :)) kalo hari ke 5 belum naik, wajib di rawat.

DBD hari ke 5. Trombosit: 118rb. Alhamdulillaah. Kalau trombosit udah naik, insyaAllah kecenderungannya akan naik terus. Dan kalau udah ga panas, ga perlu cek lab lagi.

Yang gue minum selama sakit dalam kondisi menyusui, dan insyaAllah tetep aman:

  • Sumagesic 600gr (3x sehari)
  • Imunos (1x sehari)
  • Siantan Demam B (3x 4 tablet sehari)
  • Trolit (1x sehari)
  • Sari kurma Sahara (1 botol)
  • Jus jambu (3x sehari)
  • Makan teratur dan banyak
  • Minum air 3 botol x 1,5 liter

Gue ga minum semuanya sekaligus, tapi di jeda sejam (minimal) antara 1 booster dan booster lainnya.

Jadi gue DBD dari 1-7 Agustus. Breastfeeding week juga 1-7 Agustus. Bersyukur banget masih bisa tetep kasih ASI ke baby A walaupun lagi kena musibah sakit πŸ™‚

Stay healthy everyone! πŸ˜€

2 thoughts on “Cerita ASI – DBD saat Menyusui

Leave a Reply

