Pregnancy

My Pregnancy Story – Tri Semester Kedua

Pengajian 4 bulanan, first kick, fetal screening, priority seat, dan jalan-jalan ke Padang.

Tulisan ini dibuat selama masa kehamilan gue, tapi baru di posting abis lahiran :p

Pengajian 4 bulan
Dalam agama Islam, dikatakan bahwa ruh ditiupkan ke janin saat usia janin 120 hari atau sekitar 4 bulan. Sebelum ruh ditiup, biasanya diadakan pengajian untuk mendoakan calon bayi. Kemarin sempet bingung ngitung 120 harinya mulai darimana. Kalau kata dokter kan dari hari pertama haid terakhir (HPHT), which is kalau dari sudut pandang orang tua ‘kan saat itu belom nikah, belom ada pembuahan, kok ngitungnya dari situ?’. Dan menurut orang tua, ngitungnya ya dari hari pernikahan aja. Jeng jeng. Dan akhirnya kemarin kita ngelaksanain pengajian 4 bulanannya pas usia janin 124 hari menurut dokter. Lewat dong? InsyaAllah kalau niatnya baik, Allah MahaTau kok πŸ™‚


Padang
15w, jalan-jalan ke Padang! Naik pesawat terakhir selama hamil ini. Jalan-jalan sama keluarga besar, termasuk mama dan ibu. Jadi sepanjang jalan, gue kayak punya baby sitter banyaaak banget. Mau naik mobil, di teriakin “ati-ati!”. Mau turun mobil, diteriakin “ati-ati!”. Lari-lari dikit pas di pantai, udah diteriakin lagi =)) Terus selalu jadi kambing hitam buat alasan berenti makan, “iya makan sini aja yuk, Ica ngidam tuh, ya kan Ca?” =)) Nanti kalo ada niat dan ga males gue bikin tulisan tentang jalan-jalan ke Padang ini deh :p

pantaaaiii~~~
First kick
19w mulai kerasa ada geli-geli di perut. Kayak ada yang neken dari arah dalem perut keluar. Masuk 20w baru jelas banget dan mulai teratur gerakannya. Awalnya tiap pagi sama mau tidur. Terus jadi mulai ada ritmenya. Baby-nya aktif kalo gue pulang kantor sampe mau tidur. Sama pas siang-siang di kantor. Ikut bundanya kerja kayaknya hihi.

21 jan 2016 (22w). Udah 2 hari baby ga seaktif biasanya. Gue jadi khawatir banget. Sampe kerja aja ga fokus 😦 Akhirnya abis sms konsultasi ke Dr Agung, diputuskan buat cek ke RS sepulang kantor. Arra gabisa nemenin, tapi karena udah khawatir banget yaudah deh ke RS sendiri 😦 Udah 2 hari kalo diajak ngobrol ga respon, di ngajiin ga respon, dibeliin eskrim ga respon….pikiran gue langsung berkecamuk. Googling pun malah bikin tambah parno (pelajaran: jangan pernah googling kalo lagi panik, tanya aja langsung sama ahlinya!). Takut kelilit tali puser atau kenapa gitu. Tapi alhamdulillah pas di USG, baby- nya aktif dan ga kenapa-kenapa πŸ™‚ Kata dokternya gara-gara ibunya lagi banyak pikiran aja…. Emang sih lagi banyak pikiran di kantor dan di rumah… Ternyata berpengaruh banget ya pikiran bundanya. Jadi, bundanya harus happy-happy, gaboleh terlalu parno dan terlalu cepat ambil kesimpulan sendiri (apalagi cuma dengan modal googling). Sebenernya sih kalo pikiran gue jernih waktu itu, gerakan baby bisa kerasa. Tapi karena gue banyak pikiran dan parno, jadinya yang dipikirin malah yang enggak-enggak, dan malah gabisa fokus ngerasain kehadiran baby.

Priority seat
19 jan 2016. Hari ini harus dicatat dalam sejarah karena pertama kalinya gue dikasih duduk di kereta!! Mbaknya yang ngasih duduk berkali-kali liatin perut gue dulu buat memastikan =)) Tapi ternyata ini hanya terjadi satu kali, sampe gue hamil 8 bulan baru deh selalu ada yang kasih duduk :)) Nasib hamil perutnya ngumpet dan baru keliatan di bulan ke-8 haha. Sebenernya biar dapet priority seat, gue tinggal bilang sama mas yang jaga aja kalau gue lagi hamil, pasti dibantuin cari tempat duduk. Tapi guenya males, gaenak gitu sama yang punya kursinya jadi yaudahlah berdiri aja haha.

Fetal screening
Di kontrol ke 5 (20w), Dr Agung ngasihtau kalo kontrol berikutnya (kontrol ke 6) itu harus ke Dr Febri, buat dilakukan fetal screening. Awalnya bingung, karena cuma dijelasin feetal screening itu buat ‘cek secara lebih detil semua organ tubuh baby’. Terus kalo googling (tetep ya, hobinya emang googling selama hamil haha) ga nemu penjelasan lengkap tentang fetal screening.

Kontrol ke 6 (24w), fetal screening sama Dr Febri. Yang gue kira bakal di USG 4D (soalnya kan judulnya screening menyeluruh), eh ternyata USG 2D aja kayak biasa. Pas mulai USG gue iseng ngomong “Kirain usg 4D dok buat cek lebih detil semua organnya”. Yang berujung dengan diceramahin kalo USG 4D itu ga penting, cuma buat nambah koleksi foto untuk di posting di socmed. Dari segi medis ga ada manfaatnya :)) Terus dokternya dengan baik hati ngasih liat kalo 4D itu kayak gimana. Jadi di alat USG nya, dia cuma teken 1 tombol, dan berubahlah gambar 2D di layar jadi 4D! Pas dapet mukanya baby lagi! Terus kelitan ada lesung pipitnya! :3 Gue seneng banget, soalnya kaga bayar, geratisss :)) Kan kalo bayar lumayan banget harganya. Katanya bisa 800rb sekali USG 4D. Mending buat lahiran aja duitnya haha #emakkere

tanda panah menunjukkan lesung pipit :3
Dimulailah proses fetal screening. Dokternya bener-bener detil jelasin satu-satu. Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Dijelasin ukuran kepala dalam batas normal, dikasih liat matanya ada 2, bola matanya juga udah ada, hidungnya ga ada sumbatan, kupingnya juga bagus, mulutnya insyaAllah normal nggak sumbing, ga ada sumbatan di tenggorokan, jantung berfungsi baik (didengerin detaknya), lambung dan ginjal juga baik, anus tidak ada masalah, kelaminnya laki-laki (kali ketiga nanya dokter kelaminnya apa karena takut berubah :p), jari tangan dan kaki lengkap, dll. Detil banget pokoknya bener-bener menyeluruh. Alhamdulillah hasilnya semua normal dan bagus πŸ™‚

Jadi menurut gue, fetal screening ini perlu dan penting, buat mengetahui kelainan bayi di umur-umur awal. Jadi masih bisa diobati atau diperbaiki nantinya.

Di trisemester kedua ini nafsu makan gue sudah sangat meningkat. Di meja gue selalu ada makanan, gapernah kosong :p Udah gitu temen-temen kantor pasti selalu supply makanan buat bumil :p Oiya, masa gue sering banget minta suami beliin ayam pop buat makan malem, bahkan pernah 3 hari berturut-turut :)) Pernah juga makan siang opor ayam 3 hari berturut-turut :))

vitamin dan kalsium yang gue minum setiap hari mulai trisemester 2 sampai lahiran
Gue dan suami udah mulai cari-cari nama. Dan kita berdua anaknya gak kreatif :)) Jadi modal googling aja hahaha. Kalo liat nama anak bayi jaman sekarang kadang suka pusing…. Suka kasian sama anaknya, namanya ribet :)) Kalo gue sih berusaha se-simple mungkin (emang dasarnya ga kreatif aja sih hahaha).

27w. Minggu terakhir trisemester 2. Yang di perut udah jauh lebih aktif, jauh lebih heboh. Kalo kata aplikasi Pregnancy+, karena cairan ketuban mulai berkurang, dan bayinya tambah besar, jadi gerakannya jauh lebih terasa. Gue hanya bisa bersyukur dan mengucap alhamdulillah, dikasih kesempatan sama Allah buat merasakan sensasi luar biasa ini πŸ™‚ Bisa ngerasain ada yang nyikut perut dari dalem sampe gerakannya keliatan dari luar (perutnya jadi ngejendol haha), ditendang, ditonjok, atau sekedar ngerasain bayinya lagi cegukan aja seneng banget. Cegukan? Iya! Lucu ya? Bayi bisa cegukan, katanya ini normal, buat ngelatih pernapasan bayi. Gimana gue bisa tau kalo dia cegukan? Kalo gerakan sontakannya konstan dan berirama (kaya kalo kita cegukan). Mirip sama detak jantung, tapi dari perut kerasanya haha.

bonus foto :p keliatan hamil ga? :))
Kak, di trisemester kedua ini bunda udah bisa ngerasain kehadiran kamu dengan lebih jelas. Kadang mukul, nendang, atau sekedar muter-muter di perut bunda πŸ˜€ Selalu bangunin bunda buat solat subuh, dan aktif banget kalo lagi dibacain Quran πŸ™‚ Kalo abis dikasih makan juga aktif sih :p Alhamdulillah hasil screening semua menunjukkan hasil yang baik, sehat terus ya jagoan πŸ˜€ Sekarang juga ga harus berdiri lagi setiap pagi di kopaja, karena kopajanya udah di akuisisi TransJakarta dan kalo naik TJ ada antrian prioritas untuk ibu hamil, jadi gaperlu ngantri panjang dan pasti dapet duduk πŸ˜€ walaupun kadang orang ga percaya bunda lagi hamil karena perutnya kecil :p Tapi kalo di kereta pas pulang sih tetep aja ga bakal ada yang ngasih duduk…

Advertisements

One thought on “My Pregnancy Story – Tri Semester Kedua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s