Pregnancy

Review Aplikasi Masa Kehamilan: Pregnancy+

Review panjang dan lebar terkait Pregnancy+ application :p

Sejak tau gue hamil, gue mulai cari-cari aplikasi yang bisa track perkembangan bayi selama masa kehamilan. Biar gaul aja gitu dan biar kekinian #plak. Setelah cari-cari di appstore, akhirnya gue memutuskan buat download Pregnancy+ (available on Apple Store and Google Play Store). Aplikasi ini memberikan free trial selama 2 minggu, setelah 2 minggu masih bisa dipake sih, cuma ada beberapa fitur yang ke lock (ya biasalah ya namanya juga jualan).

Setelah menggunakan aplikasinya selama 2 minggu, akhirnya gue memutuskan buat purchase full version seharga Rp.69.000. Agak mahal ya, tapi menurut gue apa yang lo dapatkan sesuai dengan harganya. Nanti akan gue jelaskan lebih detil kenapanya.

Jujur, temen gue yang udah pernah hamil itu ga banyak, dan gue nggak begitu deket sama semua yang udah pernah hamil itu. Jadi kadang gue suka bingung kalo mau nanya hal-hal simple seputar kehamilan ke siapa. Nah, aplikasi ini membantu banget! Informasinya lengkap dan bisa membantu orang macam gue yang baru hamil pertama dan ga punya temen curhat :p kalo curhat ke orang tua kadang jatohnya jadi di ceramahin sih jadi agak males…….. :p kalo googling juga infonya luas banget, banyak perbedaan pendapat yang kadang bikin bingung.

Oke, jadi apa aja yang bisa lo dapetin dengan purchase full version dari Pregnancy+? Here we go…

1. To track how old your pregnancy

Waktu baru buka aplikasi, lo langsung disambut (caelah) dengan:


Jadi langsung tau usia kehamilan kita udah berapa minggu, dan udah berapa hari. Selain itu juga ada informasi tentang due date and the countdown to it.

2. Daily info page

My most favorite feature on the apps. Isinya tentang info harian seputar kehamilan. Ini nambah wawasan banget, dan sering ngebantu gue banget. Misalnya, info daily hari itu lagi bahas 1 symptom umum yang akan dirasain ibu hamil pas kehamilan minggu kesekian, dan kebetulan gue akhir-akhir itu lagi ngerasain hal yang sama. Jadi gue ga takut atau bingung atau bertanya-tanya lagi deh, sudah terjawab dari info yang diberikan aplikasinya πŸ˜€

Informasinya beragam banget, ngejelasin tentang perubahan apa yang bakal lo rasain selama masa kehamilan (on your body, hormonal, or even face), makanan apa yang bagus dan enggak, olahraga yang bagus, ada juga info tentang pasangan harus gimana buat support istrinya, dan lain-lain. Informasinya dibagi perhari dan disesuaikan dengan usia kehamilan. Jadi bener-bener ngebantu banget deh pokoknya!

3. Baby’s info per week (Weekly Info Page)

Ini isinya informasi tentang si bayi yang ada di rahim dan gabisa kita lihat tiap hari (karena USG ga murah :p dan ultrasound terlalu sering juga ga baik buat baby). Fitur ini akan menjelaskan tentang perkembangan bayi setiap minggunya. Bayinya udah segede apa, udah bisa ngapain aja, apa aja yang lagi berkembang di badannya bayi selama satu minggu ini, reaksi apa yang bakal dirasain si ibu, apa yang bagus dilakuin buat si bayi, dan lain-lain. Disini juga ada fitur ‘notes’, buat curhat di minggu itu apa aja sih yang lo rasain.

4. Baby’s Image per week

Yang paling sering gue bukaaa haha. Disini dikasih liat per minggu, bayinya bentuknya udah kayak apa sekarang, dalam 2D, 3D, dan animasi! Bukan gambar bayi kita langsung sih, tapi kurang lebih kan mirip-mirip ya. Kayak pas awal tuh masih berbentuk segumpal darah, sampe mulai tumbuh tangan dan kaki……amazed banget masyaAllah :”) Dengan bantuan aplikasi ini, jadi bisa kebayang real bentuknya bayi yang di dalem rahim itu sekarang lagi kayak apa, dan lagi di tahap dan fase apa.

5. Baby size guide

Sering gue liat pas awal-awal hamil aja. Jadi ada perbandingan besar bayi dengan buah-buahan. Pas awal hamil kan perut masih rata ya, kadang suka penasaran aja sekarang segede apa sih, oh ternyata masih segede kurma makanya perutnya masih ngumpet, gitu-gitu deh. Lebih buat nenangin diri aja sih dengan adanya perbandingan ukuran ini haha.

6. Weight tracking

Di aplikasi ini, kita bisa masukin berat badan kita kapanpun, dan dia bakal simpan datanya trus ngasitau berapa kenaikan yang udah terjadi selama masa kehamilan.

7. Appointment

Buat masukin jadwal kapan kita harus kontrol ke dokter.

8. My Belly

Bisa liat animasi isi perut kita lagi kayak apa posisi baby nya. Terus bisa post foto perut kita juga buat kenang-kenangan…

9. Birth Plan

Checklist terkait rencana persalinan. Mau ditemenin siapa aja, apa aja yang harus dibawa, lingkungan persalinan mau seperti apa, dokternya siapa, di RS mana, dll.

10. Tasks list

Fitur buat masukin tentang apa aja yang harus kita lakuin. Contoh: pas awal hamil, gue bikin task list tentang harus beli maternity wear. Terus bisa juga tentang harus beli dan minum vitamin, susu, buah, sayur, dll.

11. Baby name

Ada fitur buat liat list nama-nama bayi, dari berbagai negara. Bisa buat jadi bahan obrolan sama suami, kira-kira nanti nama bayinya siapa. Seru loh ini hihi.

12. Shopping list

Aplikasi ini juga nyediain list barang yang harus disiapin dan dibeli menjelang kehadiran baby. Mulai dari perintilan bayi (anduk, baju, baby oil, sabun, sampo, deterjen, dll), persiapan ibunya untuk breast feeding (botol, dot, warmer, bra, krim, dll), baju, furnitur, mainan, travel, sumpah lengkap banget deh pokoknya. Even banyak banget yang gue ga kepikiran, ada di list ini haha.

13. Baby timeline

Fitur untuk ngeliat kapan bayi itu bisa ngapain (what). Kapan perlu cek lab dan ketemu dokter. Kapan harus mulai ikut kelas senam hamil. Kapan mulai belanja keperluan bayi. Dan semua necessary activity related to doctor and your health and the preparation for welcoming the baby.

14. Baby kick counter

Disediakan fitur untuk merekam setiap bayinya kicking or punching, kita bisa record kapan dan berapa lama. Gue gatau sih buat apa…. buat kenang-kenangan ibunya mungkin :p

15. Hospital bag

Isinya check list barang yang harus disiapin buat dibawa ke rumah sakit pas ngelahirin nanti. Terdiri dari Mom’s bag, Baby’s bag, and Dad’s bag. Ini ngebantu banget! Jadi tau harus belanja apa aja :p

16. Contractions

Ditujukan buat ngerekam kontraksi yang terjadi selama proses persalinan. Biasanya di input sama suaminya. Ya kan kita yang lagi kontraksi yaaakk wkwk. Tapi ga kepake sih sama gue, ga kepikiran lagi…….udah mules-mules mana kepikiran :))

That’s all you can get by purchasing Pregnancy+ Full Version for Rp.69.000.

For me, it is really worth the price πŸ™‚

Daripada beli buku kehamilan di Gramedia yang harganya mahal, terus ribet bawa kemana-mananya, suka males juga kalo harus nulis-nulis di buku cuma buat nyatet, mending pake aplikasi yang simple dan bisa dibuka kapan aja dimana aja πŸ˜‰ #godigital

Advertisements

3 thoughts on “Review Aplikasi Masa Kehamilan: Pregnancy+

  1. Ko saya pertana download terus di instal langsung muncul 6 week 42 day ya? Padahal usia kandungan saya lebih dri itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s