Pregnancy

My Pregnancy Story – Tri Semester Pertama

New story and new category in my blog :p It’s more like my personal diary during my pregnancy.

Sebenernya udah ada di draft dari awal hamil, tapi baru di post abis lahiran :p Semoga nggak bingung ya sama alur waktunya =))

So, after the wedding day and honeymoon to Derawan, gue ‘telat’ 2 minggu. Terus gue memutuskan beli test pack di Century. Beli yang paling murah meriah (ga modal), produknya Century, mereknya Value. Katanya untuk hasil terbaik, sebaiknya tes dilakukan pas bangun tidur pagi-pagi. Oke! Tanggal 29 September pagi gue lakukan tesnya. Hasilnya? Alhamdulillah positif :”) Langsung bangunin Arra dengan mengajukan pertanyaan “Udah siap jadi Ayah belom?” :))


Langsung minta dan ajak Arra buat anter cek ke dokter, cuma masih bingung mau cek dimana. Di Depok, atau Ciputat, atau Bekasi, atau Jakarta. Sampai pas gue lagi buka Path, terus ada temen yang check-in di Kemang Medical Care (KMC). Langsung iseng-iseng googling, nyaritau lebih detil tentang KMC. Alhamdulillah, hasil review-nya bagus-bagus, terus kebetulan KMC itu RS Ibu dan Anak (dimana dari awal gue maunya emang di RSIA, biar ga campur-campur pasien yang penyakitnya macem-macem), dan yang paling penting: KMC deket banget dari apartemen! Alhamdulillah, serasa langsung dikasih petunjuk sama Allah :”) Jadi ga harus galau lama. Terus abis diskusi sama Arra dia juga langsung setuju-setuju aja kalo mau cek di KMC 🙂 Langsunglah gue telpon KMC dan bikin appointment buat cek ke dokter keesokan harinya (gercep banget ya haha), tujuan bikin appointment biar ga antri sih (walaupun weekdays, ga ada salahnya kan preventive :p). Karena KMC terkenal super antri dari cerita-cerita yang beredar di blog…

Rabu pagi (30 Sept, tepat sebulan pernikahan -yang gapernah kita rayain juga sih tiap bulannya-), kita cuss ke KMC (ijin halfday :p). Dapet jadwal jam 9, tapi jam 8 kurang udah sampe (terlalu semangat) :)) Oiya awalnya gue mau sama dokter cewe, tapi doi lagi cuti, jadi yaudah akhirnya gue memutuskan buat periksa ke dokter yang standby setiap hari aja yaitu Dr. Agung Witjaksono, SPog. Biar ga susah juga nantinya kalo mau cek karena dia ada setiap hari di KMC.

Kesan pertama pas ketemu dokternya, sangat ramah dan bersahabat. Dia langsung nanya keluhannya apa, gue jawab udah telat 2 minggu dan mau cek, terus langsung di USG.

“Ini rahim, ini kantung janin, ini vagina, jadi benar bahwa ibu hamil, dan janin benar ada di dalam rahim, kalau menurut tanggal terakhir mens usia janin adalah 7 minggu.”

MasyaAllaah :”)

Cool ya. Usia janin lebih tua dari usia pernikahan :p Tapi jangan negative thinking dulu cuy! Ini normal, karena usia janin dihitung dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT).

Alhamdulillaah. Allah mempercayakan kita secepat ini 🙂 semoga sehat terus yaa aamiin 🙂


Selesai USG, masuk sesi tanya-jawab. Gue sih lumayan nanya banyak, Arra nanya sesekali. Ya nanya yang standar dan bisa di googling sih (anak jaman sekarang banget semua di googling, padahal belom tentu bener info yang didapet)… Kayak pantangan makan, aktivitas fisik gaboleh ngapain aja, dikasih vitamin apa nggak… Ajaibnya, dokter ga nyaranin minum susu! Katanya itu korban iklan aja :p trus dokter bilang ‘Badannya bisa kok tetep kaya gini sampe lahiran. Paling nanti dibilang busung lapar, gapapa ya? Yang penting sehat’ :)) Dokternya baik dan humoris banget deh! Bener-bener ngebimbing dan ga nakut-nakutin 🙂 Terus diresepin asam folat, ini penting buat trisemester pertama (kenapanya googling aja banyak kok infonya :p). Jadwal kontrolnya masih 1 bulan sekali, so see you next month little baby 🙂

Gue download aplikasi Pregnancy+ buat tau perkembangan dedeknya di perut kayak apa. Aplikasinya free trial 2 minggu, terus gue beli premiumnya 69rb saja….mahal sih tapi buat dedeknya gapapa deh :)) Aplikasinya sangat informatif, ada info harian seputar kehamilan, info mingguan yang ngebahas perkembangan janin dan ibunya dari minggu ke minggu, ada foto bayinya dari week 0, fotonya ada yang 2D, 3D, dan animasi jadi kebayang bentuk janinnya kayak apa (ini yang paling sering gue cek hihi), ada juga list nama bayi dari berbagai negara, bisa atur jadwal meeting sama dokter, lengkap deh aplikasinya! Hasil review lengkapnya bisa liat disini 🙂

Udah tau hamil, gue tetep berangkat kerja naik Kopaja, berdiri selama kurang lebih 1 jam, desek-desekan keringetan dan kepanasan. Ditambah harus jalan kaki dari Halte Karet ke angkot 44 di fly over depan ANZ. Sempet agak khawatir kecapekan atau gimana. Kan trisemester pertama paling rawan keguguran ya. Tapi mau bagaimana lagi :)) bismillaah aja 🙂

Terus baby-nya juga sempet diajak honeymoon ke Bali, Singapore, dan Legoland. Pas di Bali sempet jalan kaki nyusurin Ubud selama 1 jam di siang hari bolong. Pas di Singapore lebih parah lagi, 4 hari kemana-mana naik MRT dan jalan kaki! Terus main seharian di Legoland. Alhamdulillah ga ada drama 🙂 Yang penting makan dan istirahat cukup 🙂

Alhamdulillah, 3 bulan pertama dilalui tanpa drama morning sick atau mual-mual lainnya. Adem ayem aja 🙂 Pernah sekali mau pingsan di Kopaja karena keringetan + berdiri pas kena AC. Tapi masih dikuatin sama Allah dan baby-nya 🙂

Senin 9 Nov (12 weeks), my very first throw up. Semaleman tidurnya ga tenang, perutnya gaenak banget, abis solat subuh akhirnya muntah, makanan semalem keluar semua termasuk obat. Langsung sedih dan lemes 😦 Terus biar perut ga kosong buat berangkat kerja, gue paksain makan pisang. Eh, sampe kantor pisangnya keluar semua juga di muntahin. Akhirnya gue gamau makan apa-apa dulu. Kalo kata Arra gue lagi trauma abis muntah, jadi yang ada di pikiran gue itu: kalo ada makanan masuk pasti dimuntahin lagi. Kan malah kasian baby-nya ga dapet makan. Dan setelah agak diceramahin, gue akhirnya mau makan nasi sama sop, dikit banget sih tapi alhamdulillah masuk. Trus malemnya udah ga kenapa-kenapa, besok paginya cek ke dokter juga udah baik-baik aja alhamdulillah. Awalnya gue mikir ‘yah, ngerasain morning sick juga akhirnya’ yang amat sangat gue hindari. Dan emang sampai 3 bulan baik-baik aja gapake acara morning sick, makanya sekalinya begitu langsung panik 😦 Namun setelah gue telaah, kayaknya alhamdulillah itu bukan morning sick. Tapi gue cuma masuk angin. Karena malemnya gue makan ga bener, terus maksain minum asam folat…jadi begitu deh…hehehehe

Visit dokter ketiga! Appointment jam 8, seperti biasa jam 8 kurang udah sampe :)) terus pas di admission dikabarin kalo dokternya baru praktek jam 10…jeng. Bengong 2 jam di rs :))

But it’s worth the wait!!!

Pas USG, gue seneng banget, dedeknya udah keliatan :”) bukan buletan doang kaya pas pertama dan kedua. It’s getting real that I’m pregnant (lah emang dari kemaren kagak apa haha). Di awal USG, dokternya dengan semangat bilang “assalamualaikum, halo adek, wah aktif banget tuh dia loncat-loncat terus, ngangguk-ngangguk” terus dikasi liat mana tangannya, jarinya, kakinya, lingkar kepala, lingkar perut….masyaAllaah :”) seneng banget, terharu dan agak mewek gue pas lagi di USG :”) Usia kehamilan 11w, usia based on ukuran baby di USG 12w. Cepet gede ya sayang, sehat-sehat terus di perut ya, nanti Bunda makan yang banyak deh biar kamu cepet gede :”)

Kak, di trisemester pertama ini bunda cuma mau bilang makasih ya udah kuat buat bunda 🙂 Makasih udah anteng pas diajak ke Bali, Singapore, dan Legoland, nggak rewel sama sekali walaupun bunda jalan kaki berjam-jam. Makasih udah kuat nemenin bunda tiap hari naik kopaja, berdiri 1 jam ditambah jalan kaki buat ke kantor dan pulang naik kereta yang kadang gencet-gencetan… Maaf juga di trisemester pertama ini, yang kata orang-orang masa-masa paling rawan dan rentan, bunda malah susah makan. Setiap hari cuma beli bubur ayam pake kecap :p bahkan kadang bingung mau makan apa… Maaf ya kak. Bunda masih adaptasi sama lingkungan baru, kamu malah kena dampaknya. Tapi setiap cek ke dokter dan kata dokter kamu sehat-sehat aja, bunda lega dan bersyukur banget 🙂 Jadi jagoannya bunda yang kuat ya sayang 😀 sehat terus pokoknya 🙂

Advertisements

One thought on “My Pregnancy Story – Tri Semester Pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s