Travel Story

Derawan-Sangalaki-Maratua-Kakaban Trip!

Ceritanya honeymoon. Jilid 1.

‘Lo kan anaknya traveling banget, honeymoon nya harus kece dong!’ errr… =))
Setelah galau antara mau ke Komodo atau Derawan, akhirnya pilihan jatuh kepada: Derawan!
Kenapa? Soalnya less adventurous dibanding Komodo, jadi bisa fokus bikin anak juga #eh wkwkwk

The perks of being married to a traveler: 1 koper berdua, buat 4 hari perjalanan B-) Arra bawa koper, gue cuma bawa tas doraemon kesayangan B-)

Day 1

Sampe bandara jam 5 subuh, solat, lalu masuk gate. Nggak lama dipanggil masuk ke pesawat dengan jadwal terbang jam 6. Setelah duduk lama di pesawat, jam 6.20 diumumin kalo ada kendala teknis, dan kita semua terus disuruh turun!! Ga perlu dijelasin kan kita naik apa :p Nunggu lagi di gate sampe jam 7, trus naik bis ke terminal 3 buat ganti pesawat :)) dan akhirnya terbang jam 8 kurang 10 dan sampe balikpapan jam 10.50 wita.

Kita masih harus transit, ganti pesawat untuk menuju Berau. Dan karena jadwal pesawat ke Berau jam 11 (10 minutes after landed), langsung lari-lari ke pintu transit, masuk security check bandara, dan lari-lari ke gate. Sampe gate, eh belom dibuka, katanya belom ada izin terbang karena cuaca jelek. Nunggu lagi deh… Nunggu di Best Airport 2015, not bad lah. Suasananya kayak di luar negeri, bandaranya bagus banget!

Sampe jam 13.30 belum ada kabar juga… Nunggunya sambil bengong doang karena gajelas kan jadwalnya, takut tiba-tiba dipanggil. Tapi terus kita laper dan memutuskan makan di Bangi Kopitiam. Pas lagi nunggu makanan dianter, dipanggil dong udah bisa masuk pesawat =)) Warbiyasak. Langsung minta take away deh :))

Naik wings air. First time naik pesawat baling! Excited! Awalnya pas check in, gue sedih, karena seat Arra 3A, dan gue 3C. Kan jadi kepisah 😦 tapi Arra selalu ngomong, “Gapapa, kan masih 1 row”. Eh, pas masuk pesawat, jengjeng! Kursinya 2-2, AC-DF, which means duduk sebelahan! Wkwkwk norak :p

Landing di Berau jam 15.10, dengan kondisi banyak awan/asep, agak horor karena naik pesawat baling. Bandaranya baguuusss :”) Terus udah dijemput Mas Toto dari Kakaban Trip naik Avanza. Lanjut perjalanan ke Tanjung Batu. Sepanjang jalan ujan deres :”) Ujan beneran ujan loh, deres banget, sampe ada air longsor-longsor gitu :”) Kata masnya perjalanan ke tanjung batu 2,5 jam, tapi alhamdulillah jam 17.30 kita udah sampe di Tanjung Batu! Makasih Mas Toto nyetirnya luar biasa loh di tengah badai hujan, jalan berkelok, sesekali ada truk dan bis, dan jalanan rusak! Walau kata Arra bawanya agak bikin mual sih…. Tapi gue bisa bobok bentar wkwk.

Di Tanjung Batu sudah ditunggu oleh Mas Alex, orang asli Maratua yang akan jadi guide kita selama 3 hari ke depan. Nggak lama abis kenalan, datanglah kapal yang akan membawa kita ke Derawan.
10 menit pertama: wohoo! Seru abis naik speed boat!
10 menit berikutnya: this is not fun anymore -.-
10 menit terakhir: pulaunya udah depan mata BUT WHY IT TOOK FOREVER :))
ya gitulah haha. Perjalanan setengah jam terbanting-banting di speed boat membawa kita ke pulau Derawan yeaaaaaayyyyy. Sampe Derawan jam 18.05. Banyak sekali water villa ya. Terus masnya parkir langsung di depan cottage atas air yang akan jadi kamar kita #azek dan langsung nganter kita ke kamar VIP *tulisannya begitu*. Mari bobo di atas ombak laut :”)

Day 2

Abis sarapan, kita snorkeling langsung nyebur di depan cottage. Bagus banget masyaAllah :”) Gapake effort naik kapal ke tengah laut dulu, cuma tinggal nyelup kepala ke depan kamar, udah ketemu ikan dan terumbu karang banyak banget bagus warna warni :”) Terus ketemu banyak Penyu juga! Bahagia banget :”)

Jam setengah 11 cabut ke Pulau Gusung (pulau yang isinya pasir doang). Kita kesini cuma buat foto ala ala! Propertinya udah disiapin sama Kakaban Trip, mantaplah!

Abis puas berenang dan foto-foto, kita makan siang terus check out buat pindah ke Maratua dan mampir Sangalaki. (Pake acara cincin ketinggalan di kamar wkwk untung suami inget).

Jam 13.10 meluncur ke sangalaki, 13.50 sampe sangalaki, ngapain kita di Sangalaki? Yak benar! Berburu manta ray!!!! Super puas! Ketemu super banyak manta :”) Diajarin masnya cara ketemu manta: kita diem aja ikutin arus, karena manta pun begitu, sampe nanti tiba di satu titik dimana manta juga lagi ngikutin arus kita. Dan teknik ini berhasil berkali-kali sampe kita takjub berkali-kali ketemu dan ngeliat manta jarak deket :”) dan gede-gede banget enggak nyante :”)

Terus jam 3 melipir ke sangalaki (pulaunya) buat liat tukik, tapi gagal soalnya yang jaga ga ada wkwk. FYI, Pulau Sangalaki ini gaboleh buat nginep atau nge-camp. Karena pulau ini dikhususkan buat penyu-penyu bertelur 🙂 Jadi kondisinya harus sepi, sunyi, gelap.

Jam 3.30 meluncur ke Maratua~ Jam 4.20 sampe Maratua. Bagus banget ya Allaah :”) Airnya birunya biru muda, super jernih. Terus langsung dianter ke Water Villa, kita dapet Water Villa 9, paling ujung, jalannya jauh banget dari tempat kumpul utama (dermaga, restoran). Awalnya bingung kenapa dapetnya paling jauh gini yak, bener-bener yang paling ujung sendiri. Akhirnya kita tau kenapanya pas nungguin sunset. The sunset was a super clear view with no obstacles at all in our sight :”)

 Kamarnya super gedeee! Kamar mandinya super gede! Air kamar mandi dibuang langsung ke laut tapi wkwkwk. Ada AC, kulkas, ruang tamu, lemari baju, tapi ga ada tv (pas di Derawan ada).

Day 3!

Woke up view :”)

Jam 8 sarapan. Disini kalo makan enak, selalu prasmanan wkwk. Tapi kan mau nyelem ya jadi takut kalo kekenyangan #dilema

8.30 otw goa cermin, letaknya masih di Pulau Maratua juga, cuma nyisirin pantai aja (tapi naik kapal). Jam 8.45 melipir ke pinggiran pantai, tapi di pantai itu batu-batuan doang, ternyata ada jalan masuknya kecil, terus kita trekking sekitar 50m ke dalam pulau. Pas sampe, dari atas aja udah kewl banget keliatannya! Pas gue tanya kedalamannya berapa, kata guide-nya “bisa sampai 25 meter” uwow…

Guidenya ngasi tau biasanya orang pada loncat dari atas ke bawah (jarak sekitar 10m (?)). Gue sih gamau ya makasih, tapi Arra pastinya tidak mau melewatkan kesempatan ini =))

Pertama nyebur, airnya dingin banget, terus super jernih, kayak bisa ngeliat ke bawah sampe dalem banget! Super seger deh 😀

Jam 9.30 kita meluncur ke Pulau Kakaban. Letak pulaunya di seberang Pulau Maratua, udah keliatan dari Maratua ijo-ijonya wkwk. Sepanjang nyisir pesisir Pulau Kakaban, airnya jernih banget dan karangnya kelihatan! Merinding bahagia banget liatnya, dan itu bener-bener sepanjang pesisir pulau :”)

Jam 10.00 sampe Pulau Kakaban, ternyata ada tiket masuknya 25rb (kita sih dibayarin ya haha). Dermaganya besar dan kokoh. Pulau disini itu rata-rata semua dikelilingi batu, dibalik batu-batu itu tersembunyi lagoon yang keren-keren! Termasuk di Kakaban ini. Dari gerbang, kita jalan sekitar 100m kedalam pulau, jalannya bukan trekking kok, tapi udah di fasilitasi jalan (kayak jembatan) terbuat dari kayu yang bagus dan memadai banget. Sampai di ujung jalan kayu tadi, ada danau besaaarrr dan luaaaass sekali.

Ada apa di dalam danau? Ada 4 jenis stingless jellyfish! :”) dan kita bisa berenang sama ubur-uburnya tanpa perlu takut di sengat. Awal nyebur sih gue masih takut2 (trauma di ujung kulon haha), mana ubur-uburnya banyak banget, jaraknya deket-deket, tapi akhirnya gue beranikan buat pegang dan  beneran pas dipegang gapapa! Ga ada rasa kesengat sama sekali. Malah lucu, sensasinya kayak lagi megang bola jelly isi air gitu :”)

Jellyfish nya ada yang coklat (yang paling banyak ditemui), ada yang putih pipih, ada yang bening panjang, sama satu lagi adanya di dasar danau (jadi ga ketemu).

Puas rasanya berenang di danau yang luas, dikelilingin hutan yang pohonnya besar-besar, dan dinaungi (caelah) langit super jernih di atas, serta ditemani suami ubur-ubur lucu.

Jam 10.45 kita pindah lokasi snorkeling, guide nya ngajak snorkeling di pesisir kakaban (yang sepanjang perjalanan tadi udah kita liat indahnya dari atas kapal). And the underwater was super awesome! Karangnya bagusssss bangeeeetttt warna warniiiii :”) ikannya bagussss bangeeet macem-macem jenisnya. Puas banget. Kita bahkan snokeling nyusurin karang yang semacam mau masuk ke palung gitu, dan itu disitu ikannya warnanya cerah-cerah banget :”)

Ga kerasa hampir sejam nyelem! Guide-nya ngajak naik terus tapi kitanya gamau-mau haha. Oiya, guide-nya sempet bilang “Wah, jarang loh saya bawa yang bisa free dive kaya kalian. Jadi saya ga capek jagainnya dan ga capek juga buat dapet foto-fotonya yang bagus.” =))

Jam 11.30 balik ke Maratua buat lunch. Sampe Maratua jam 12.00, gue gatahan banget ngeliat warna air biru muda di dermaga, LANGSUNG NYEBUUUR hahaha berenang di unlimited seapool yang warnanya bagus bangettttt :”)

Pas udah puas berenang dan kerasa laper, gue naik, tapi ternyata makanan belom siap =)) saatnya memperbanyak stok foto ala-ala………tapi gatau lagi gayanya harus gimana :))

Abis makan siang, bapaknya nawarin mau ke lagoon di kakaban sama berenang sama penyu di maratua ga? Kita gamau ke kakaban lagi (mayan kebuang 1 jam PP dan cuma liat lagoon wkwk), jadi mau liat penyu ajah. Tapi jam 1 itu laut kan masih surut, penyunya belom dateng. Jadi dikasi waktu istirahat dan nanti balik lagi ke dermaga jam 3an. Yang terjadi adalah, sampe kamar, solat, terus geletak tidur, bangun-bangun udah jam 4! Wkwkwk. Nengok jendela juga laut masih surut. Jadinya memutuskan lanjut tidur lagi aja sambil nunggu sunset. Badan udah pegel-pegel semua juga rasanya…

Malamnya, seperti biasa kita mau makan ke restoran. Pas mau ngantri ambil prasmanan, guide-nya nyamperin terus bilang “Duduk diluar aja, di meja yang ada lilinnya ya, nanti makanannya saya yang siapin”. Jengjeng! Surprise candle light dinner prepared by Kakaban Trip! :”)

Karena gatau mau di surprise (ya namanya juga surprise), kita bedua super gembel =)) maapin yak hahaha. Tapi unyu banget ya. Kakaban Trip kerjasama sama Maratua Paradise buat nyiapin ini. Dari mulai properti ala-ala buat foto di Pulau Gusung, sampe surprise candle light dinner, puas banget lah sama servisnya Kakaban Trip. Totally worth the price 🙂

Menu makannya ada ikan bakar, french fries, sate ayam, dan orange syrup. Pas udah selesai makan, guide-nya nyamperin lagi dan kasih kue :”) sayang lilinnya gabisa nyala, ketiup angin kenceng terus *yaiyalah* hahaha.

Pas dinner ini kita di ‘survey’ sama guide-nya. Ditanya gimana surprisenya, gue bilang beneran surprise sih sampe-sampe ga dandan dan gembel, jadi kurangnya disitu, kita ga prepare biar dandan oke (emang dasar gembel mah gembel aja hahahaha). Terus guide-nya cerita, jarang banget bisa kasih surprise gini, ini aja lilinnya baru sekarang dinyalain (lilin dikirim dari Jakarta dan beli di ACE-red =p) terus untung berhasil. Guide-nya katanya request ke tim Kakaban biar dibeliin lilin yang ada rumahnya, biar lilinnya tahan lama ga mati terus ketiup angin laut yang ga abis-abis hahaha.

Terus kita nanya, emang jarang yang ambil honeymoon trip ya? Dijawab banyak sih, tapi pada aneh-aneh *ketawa nyengir*. Katanya, ada yang dateng sama selingkuhannya kali ya, jadi sepanjang keliling gamau di foto sama sekali, padahal kan saya disuruh bos foto buat bukti kerja. Ada juga yang dateng cowo sama cowo……itu saya bingung, perlu dikasih surprise apa nggak. =)) ok cukuuuuup informasinya hahaha.

Day 4

Last day before back to Jakarta 😦 Jam 8.00 kita udah siap check out, ke restoran, sarapan, ngopi semua foto dari guide, terus check out. BYE MARATUA! BYE PARADISE :”(

9.30 jalan menuju tanjung batu, 11.05 sampe tanjung batu lanjut otw berau.

Sepanjang jalan ke tanjung batu baru sadar kalo warna air di Derawan itu ijo, dari ijo muda sampe ijo tua, sedangkan warna air di Maratua itu biru, dari biru muda sampe biru tua. Dua-duanya punya 5 gradasi warna yang cantik banget. Kenapa bisa beda-beda gitu ya 😮 Allahu Akbar!

13.20 sampe bandara kalimarau
14.45 terbang ke balikpapan
15.35 sampai balikpapan
16.45 jakarta
18.45 sampe jakarta

see you later, Derawan and Maratua 😀

    

Advertisements

2 thoughts on “Derawan-Sangalaki-Maratua-Kakaban Trip!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s