Wedding Preparation

Malam Pertama

Judulnya mengundang banget gak? :))

But no, it won’t be a story of mine. Would like to share it in my religion view, Islam πŸ™‚

*disclaimer: isi tulisan kebanyakan bahas tentang agama, dan dari sudut pandang Islam. Semua tulisan me-refer kepada buku Bekal Pernikahan karangan Syaikh Mahmud Al-Mashri.

So, di agama saya, Islam, hal ini pun sudah diatur. Namun seiring berkembangnya zaman, mungkin sudah banyak yang nggak peduli atau bahkan melupakan ajaran ini. Atau karena gapernah diajarin di sekolah plus ga dikasitau orang tua, jadi gatau sama sekali. Yang ditakutkan, akibat ketidaktahuan ini jadi banyak yang melakukan dosa dan pelanggaran pada malam tersebut.

Saat menikah, kedua suami istri harus memasang niat yang baik dan harus berniat bahwa pernikahannya adalah untuk menjaga kesucian masing-masing agar tidak terjerumus ke hal-hal yang diharamkan Allah SWT.

Rasulullah bersabda, “Bukankah Allah menentukan apa yang bisa kalian sedekahkan? …. dan di setiap kemaluan masing-masing dari kalian adalah sedekah.”.

Sahabat bertanya, “Rasulullah, apakah seseorang dari kami yang menyalurkan syahwatnya akan mendapatkan pahala?”.

Rasulullah menjawab, “Tidakkah kalian lihat bahwa jika ia menyalurkannya di jalan yang haram, ia berdosa?”.

Sahabat menjawab, “Ya.”.

Rasulullah bersabda, “Begitu pula halnya jika ia menyalurkannya di jalan yang halal, ia akan mendapatkan pahala dan ganjarannya.” (hadis sahih, riwayat Muslim).

MasyaAllah, hadis diatas menyatakan bahwa bersenggama dengan istri adalah sedekah, insyaAllah.

Berikut tata cara mendekati istri pada malam pertama yang dianjurkan Islam:

  • Suami mengucapkan salam kepada istri
    Ucapan salam dari suami ke istri dapat menghilangkan ketakutan dan kekhawatiran yang bersemayan di hati istri.
  • Memanjakan istri dan bersenda gurau
    Dianjurkan bagi suami muslim, jika ia menemui istrinya, untuk mencumbu, merayu, menghidangkan minuman, atau apa saja untuk istrinya.
  • Mendoakan istri
    Saat pertama berkumpul dengan istrinya, suami terlebih dahulu harus meletakkan tangannya di keningnya atau diatas bagian kepala istri, lalu menyebut nama Allah dan mendoakan keberkahan untuknya.
  • Sholat berjamaah
    Dianjurkan untuk sholat dua rakaat secara berjamaah. Radulullah bersabda, “Jika engkau hendak berhubungan dengan istrimu, sholatlah dua rakaat, kemudian mintalah kebaikan kepada Allah dalam hubunganmu, dan mohonlah perlindungan-Nya dari keburukannya. Begitu pula istrimu.”. (Atsar sahih, riwayat Ibnu Abi Syaibah).
  • Suami bersiwak
    Suami dia jurkan bersiwak atau menggosok gigi terlebih dahulu sebelum mendarangi istrinya. Karena hal ini dapat mengharumkan bau mulut.
  • Foreplay
    Suami harus memperhatikan soal “pemanasan” sebelum berhubungan dengan istrinya, agar istri tidak kesakitan (terutama jika masih perawan).
  • Membaca bismillah
    Setelah rasa “canggung” hilang, jika suami ingin memulai hubungan, ia harus membaca doa terlebih dahulu. Doa yang diajarkan Rasulullah SAW dalam sabdanya, “Jika seorang dari kalian mendatangi istrinya dengan membaca, bismillaahirrohmaanirrohiim allaahumma jamnibnassyaitoona wajannibissyaitoona maarozaqtanaa (Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah jauhkanlah setan dari kami, dan jauhkan setan dari rezki-Mu kepada kami), keduanya akan diberi anak yang tak pernah diganggu setan.”

Sekian. Jadi, jangan lupa baca doa ya πŸ˜€

*isinya loncat-loncat ya =)) ya semoga membantu aja deh (kalo ada yang baca wkwkwk)

Advertisements

2 thoughts on “Malam Pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s