Wedding Preparation

Tata Cara Mengurus Surat Nikah ke KUA

assalamu’alaikum… *edisi anak solehah*

Salah satu proses yang lebih penting dari urusan gedung dan catering adalaaaah, ngurus-ngurus administrasi ke KUA! =)) Biar nikahnya halal di mata agama dan negara #cailah. Gue mau share proses yang gue jalanin, mungkin akan berbeda di tiap daerah, ya semoga berguna aja deh :p

Saran gue sih urus mengurus ini harus dikasih spare waktu 3 bulan sebelum acara. Karena urusan birokrasi di negeri kita tercinta ini kan ajaib banget yaa…. Jadi lebih aman spare waktu lebih. Juga biar ga ketiban sama urusan lain yang ga kalah penting, eh terus kelupaan.

Urutan proses:

  1. Urus surat ke RT + minta tanda tangan Ketua RT + tanda tangan Ketua RW
  2. Urus surat ke Kelurahan
  3. Urus surat ke KUA daerah kamu tinggal
    (+) Kalo akad tidak di tempat tinggal CPP dan/atau CPW:
  4. Urus surat numpang nikah di KUA tempat nikah (kalau nikahnya nggak di daerah kamu tinggal)

Yang harus disiapkan oleh masing-masing CPP dan CPW:

  1. Fotokopi KTP CPP dan CPW (masing-masing 5 lembar)
  2. Fotokopi KTP orang tua CPP dan CPW (masing-masing 4 lembar)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga CPP dan CPW (masing-masing 4 lembar)
  4. Fotokopi KTP Wali dan Saksi CPP & CPW (masing-masing 1 lembar)
  5. Pas foto CPP dan CPW (masing-masing = 2×3 – 4 lembar, 3×4 – 4 lembar, 4×6 – 1 lembar)
  6. Bukti bayar PBB terakhir (untuk daerah Bekasi)
  7. Surat pernyataan belum pernah menikah (CPW saja, di tanda tangan diatas materai, contoh SURAT PERNYATAAN)
  8. Materai (jaga-jaga aja kalo dibutuhin)
  9. Uang sekitar Rp.400.000 untuk masing-masing KUA CPP dan CPW
  10. Uang pendaftaran Rp.600.000 untuk KUA tempat numpang nikah (ditransfer via BRI)

In details (proses di bawah dilakukan oleh CPP dan CPW di daerah tempat tinggalnya masing-masing):

1. Urus surat ke RT + minta tanda tangan Ketua RW

Gue dateng ke rumah sekretaris RT, bawa Fotokopi KTP gue (1 lembar), dan Fotokopi KTP Arra (1 lembar). Pak sekretaris RT akan bantu bikin surat pengantar untuk ke Kelurahan. Prosesnya nggak lama, nggak sampe seminggu surat pengantar udah dikirim ke rumah gue dan sudah di tanda tangan Pak RT. Setelah itu bawa surat yang udah ditandatangani Pak RT tadi ke rumah (atau kantor) Pak RW dan minta tanda tangannya.

Dokumen yang didapat: Surat Pengantar ke Kelurahan

2. Urus surat ke Kelurahan

Surat pengantar yang sudah di tandatangani Pak RT dan Pak RW kemudian dibawa ke Kelurahan setempat, untuk dibuatkan surat pengantar dari Kelurahan, buat ke KUA. Yang harus disiapin:

a. Fotocopy KTP gue dan Arra
b. Fotocopy KK gue dan Arra
c. Surat pengantar dari RT/RW
d. Foto 2×3 dan 3×4 masing-masing 2 lembar
e. Biaya administrasi sekitar Rp. 30,000 (beda-beda tergantung daerah)
f. Fotocopy KTP orang tua gue dan Arra
g. Bukti bayar PBB (di daerah gue -red: Pekayon Jaya, butuh ini. Gatau kalo di daerah lain)
(Semua dokumen ini selanjutnya akan terus digunakan sampai ke KUA, jadi kalau bisa disimpen rapih di 1 map biar ga kececer dan ga bingung lagi nyiapinnya).

Surat pengantar dari kelurahan ada 3: N1, N2 dan N4.

surat N1 berisi surat keterangan untuk nikah
surat N2 berisi surat keterangan asal-usul
surat N4 berisi surat keterangan tentang orang tua

3. Urus surat ke KUA daerah gue tinggal

a. Kalau kalian akan menikah di daerah CPW tinggal: stepnya berakhir disini.
Jadi pas ke KUA daerah tempat tinggal CPW, hanya perlu membawa dokumen:

  • CPW: N1, N2, N4
  • CPP: N1, N2, N3, N4 + Surat Rekomendasi Numpang Nikah dari KUA Asal CPP.

Kenapa CPP ada N3 dan surat rekomendasi? Karena itungannya CPP numpang nikah di KUA daerah tempat tinggal CPW. Got it?

b. Kalau kalian akan menikah BUKAN di daerah tempat tinggal CPP maupun CPW: kalian harus minta N3 + Surat Rekomendasi Numpang Nikah ke KUA daerah tempat tinggal masing-masing.
Jadi, setelah Kelurahan selesai dan dapet N1, N2, N4, kemudian lanjut ke KUA daerah tempat kamu tinggal untuk minta dibuatkan N3 + Surat Rekomendasi Numpang Nikah (berlaku untuk CPP maupun CPW).
Disini perlu siapin uang kurang lebih Rp400.000 untuk administrasi.

4. Urus surat numpang nikah di KUA tempat nikah (kalau nikahnya nggak di daerah kamu tinggal)

Lanjutan dari poin 3.b. diatas, surat dari Kelurahan dan KUA punya masing-masing CPP + CPW (N1, N2, N3, N4, Surat Rekomendasi Numpang Nikah) dibawa ke KUA daerah tempat akad akan dilaksanakan.
Kalo gue kemaren, selain dokumen yang udah tercantum diatas (yang harus disiapin pas ke Kelurahan), gue juga diminta bawa:

  • Fotokopi Wali Nikah (1 lembar)
  • Surat pernyataan belum pernah menikah (CPW saja, di tanda tangan diatas materai)
  • Foto 4×6 (masing-masing 1 lembar)

Setelah itu, KUA akan menuliskan nomor pendaftaran dan menjadwalkan penghulu. Terus kita dikasih slip transfer untuk biaya pengurusan surat sebesar Rp600.000 yang akan ditransfer ke Bank BRI (atas nama KUA setempat). Terus tinggal tunggu penghulunya datang di hari akad dan menikahkan kita :”)

Semua biaya diatas itu diluar biaya (amplop) penghulu loh yaa. Jangan lupa disiapin amplopnya buat abis akad nanti (kurang lebih kalo di Jakarta biayanya 1 juta) :p

Contoh alur gue + Arra:

CPW (Bekasi) CPP (Ciputat)
1 RT Fotokopi KTP CPW dan CPP (1 lembar) Fotokopi KTP CPP dan CPW (1 lembar)
2 Kelurahan Fotokopi KTP CPP dan CPW (masing-masing 5 lembar)
Fotokopi KTP orang tua CPP dan CPW (masing-masing 4 lembar)
Fotokopi Kartu Keluarga CPP dan CPW (masing-masing 4 lembar)
Pas foto CPP dan CPW (masing-masing = 2×3 – 4 lembar, 3×4 – 4 lembar)
Bukti bayar PBB
Fotokopi KTP CPP dan CPW (masing-masing 5 lembar)
Fotokopi KTP orang tua CPP dan CPW (masing-masing 4 lembar)
Fotokopi Kartu Keluarga CPP dan CPW (masing-masing 4 lembar)
3 KUA (tempat tinggal) N1, N2, N4
Rp400.000
N1, N2, N4
Rp400.000
4 KUA (tempat numpang nikah-Kec. Makassar Jkt Timur) Surat pernyataan belum pernah menikah (di tanda tangan diatas materai)
Pas foto CPP dan CPW 4×6 (masing-masing 1 lembar)
Fotokopi KTP Wali CPW (1 lembar)
Rp600.000

YAK!!!!!!!! Kurang lebih begitulah…. Panjang juga ya… Semoga membantu! Semangat capengsss!

Glossary ga penting:
CPP = Calon Pengantin Pria
CPW = Calon Pengantin Wanita
=))

Advertisements

35 thoughts on “Tata Cara Mengurus Surat Nikah ke KUA

  1. Terima kasih sharingnya,

    Apabila administrasi sudah lengkap pendaftaran KUA daerah nikahnya apalagi prosesnya ya? Ada penyuluhan kah? Penyuluhannya berapa hari setelah daftar? Atau langsung penyuluhan begitu daftar?

    Terima kasih

    1. Hi, semua tergantung KUA nya 🙂 Masing-masing KUA punya peraturan yang beda-beda. Jadi bisa coba cross check ke KUA tempat daftarnya langsung aja ya. Kalo di Bekasi dan Ciputat sesuai pengalaman kita, ga diminta ijazah ataupun akta lahir.

  2. Wow! Nikah aja mahal amat ya?? Mana aku jg rencananya numpang nikah di Bekasi. Itu abis keluar 1 juta, pas hari H, ngasih lagi ya? *liat dompet*

    Btw, klo saya di daerah saya statusnya numpang di rumah om, perlu bawa PBB juga? Atau PBB itu hanya utk yg KTP Bekasi?

  3. Kira kira kalau ngurus surat surat ini 6 bulan sebelum hari H bisa nggak ya? Apa kecepetan?
    Ada ketentuannya ga ya, kapan bisa mulai urus ke KUA nya?
    Soalnya mau mulai ngurus tapi takut ditolak krn masih terlalu jauh jarah ke hari H nya.
    Trims

  4. Mba Annisa, Kalau saya lahir di jawa, ktp awalnya jawa, tapi karena udah mati saya ga perpanjang, kemudian bikin ektp di Bekasi setelah kerja. Nah rencana saya mau nikahnya di jawa tempat tinggal saya. jadi saya tetep izin numpang nikah ga ya dari KUA Bekasi ??

      1. Mba annisa kalau saya ngurus 4 bulan sebelum hari pernikahan kecepatan atau pas aja ya?terus, Tanggal lahir saya d Akta sama KTP beda apakah bakalan di permasalahkan gak ya?
        Trims

      2. Ga ada jangka waktu yang pasti sih kapan harus mulai urus, asal ga mepet-mepet masih okelah, 4 bulan juga ga masalah. Kalau saya sih waktu itu ga diminta akta lahir, jadi harusnya ga ada masalah 🙂

  5. Mba Anisa,
    biaya yang 600ribu itu khan ada tanda buktinya ( maksudnya slip setoran ke BRI)

    Kalo yang 400ribu, itu biaya apa ya ? Ada bukti tanda terima dari kelurahan atau KUA ngga??

      1. Mbak, itu biaya 600rb harus di bayarkan pada bulan yang sama pada saat nikah ya?

  6. Assalamualaikum, Mbk Annisa..brp lama sih jangka waktu surat numpang nikah itu..soalnya rencana sy nikahnya insyaallah bln Juli. Tp pengurusan surat2 nya bln April ini..kelamaan kah mbk?

      1. Maksud sy..ada kah masa kedaluarsa Dr surat numpang nikah itu?..soalnya calon suami sy ngurusnya bln ini dan udah selesai jg. Tinggal krm k daerah sy aja. Tp nikahnya baru akan d laksanakan bln Juli..

  7. Halo ka salam kenal.
    Saya mau tanya , nama saya kan masuk di kk tante saya soalnya saya pindahan dari palembang sendirian jd terpaksa masuk ke kk tante buat urus ktp. Jadi syaratnya yg pake ktp ortu itu saya harus pake ktp om saya dong? Terus saya pake binti nama ayah saya apakah akan dipermasalahkan?

    Mohon bantuannya ya ka … makasih 😊

  8. Asslkm Mbak Annisa,
    Saya mau tanya mbk, Jika pernikahanya akan dilangsungkan di Gedung, apa ada document lain yang harus di lampirkan, namun lokasi geidung ada di Pihak Wanita.

    Terima kasih mbk Annisa.

    1. Waalaikumsalam. Tidak ada dokumen lain. Saya juga nikahnya di gedung, dengan dokumen di atas aja udah cukup kok. Nanti pas di KUA akan disuruh isi form, nah disitu pasti ditanya nikahnya dimana.

  9. Assalamu’alaikum..
    Mau tanya ni kebetulan sy kn rencana nikah desember awal bulan..nah kebetulan kendala di surat2 yg cow..nah calonn saya bilang itu surat smua ready awal bulan november ap bisa y pndftranny hny dg waktu 1 bulan ap kira2 3 mggu sblm hari h..kbetulan jarakny cm beda wilayah aj sihh..g smpe beda pulau

    1. Wa’alaikumsalam. Coba cek ke KUA nya aja. Setau saya sih tergantung ketersediaan penghulu di KUA nya. Karena mereka udah jadwalin penghulunya sampe sebulan kedepan (kalo KUA nya rame). Tapi sampe H-2 minggu insyaAllah masih aman kok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s