Daily · Healthy Life

Hi! I’m a (Newbie) Vegan!

Kali ini gue mau cerita tentang gaya hidup yang sedang gue jalani sekarang: Vegetarian.

Selama setahun terakhir, gue sudah mencoba bermacam-macam pola hidup sehat. Dimulai dari OCD, olahraga rutin, jaga makan, sampai sekarang vegetarian. Per tanggal 14 September, gue memutuskan untuk jadi vegetarian. Bukan sekedar vegetarian biasa, tapi strict vegetarian. Kenapa Β strict? Karena gue juga membatasi sayur dan buah yang boleh gue makan. Iya, beneran, sayur sama buah kan ga semuanya bagus, ada juga yang jahat πŸ˜‰

Belanjaan dan stok makanan di rumah :p
Belanjaan dan stok makanan di rumah :p

Apa aja sih yang gue bisa makan? Nih gue kasih gambaran menu makan gue setiap hari ya:

Pagi
– Honey+Lemon shot
– Waluh rebus gula aren
Siang
– Nasi merah
– Sayur (brokoli, pokcay, sawi hijau, labu, seledri, daun bawang)
– Lauk (tahu, tempe, paprika)
Sore
– Apel
Malem
– Sayur
– Lauk
– Jus tomat+seledri+bawang putih

Makanan pantangan, atau yang harus dikurangi bahkan kalau bisa gausah di makan:
Sawi putih, bayem, kangkung, dan sayur yang batangnya bergetah
Nanas, nangka, melon, semangka, pisang, kelengkeng
Minyak, gorengan, cabe, kue, gula, tepung, biskuit, roti
Daging ayam, sapi, ikan

Perbekalan ke Kantor
Perbekalan ke Kantor

Dikit banget kan pilihan makanan gue? :)) Bisa dibilang setiap hari gue makan itu-itu aja. Divariasiin dikit-dikit biar ga bosen :))

2 minggu pertama, berat gue turun 5 kilo. Dan stay sampe sekarang. Kayaknya udah mentok gabisa turun lagi :p

Sekarang udah sekitar 2 bulan gue hidup seperti ini. Banyak banget sih manfaatnya. Badan jadiΒ enak, seger, ngerasa sehat (nggak kena flu bulanan lagi haha), perut kempes, ukuran badan mengecil, baju-baju lama muat lagi (loh =P). Kerasa juga manfaatnya di tabungan gue :)) Karena gue ga makan di mall lagi. Setiap mau ke mall, gue bawa bekel sendiri! Terus udah 3 kondangan gue cuma bisa minum air putih doang :)) Dan udah ga keitung berapa banyak oleh-oleh + makanan gratis di kantor yang gue lewatkan :))

Jus Tomat+Seledri+Bawang Putih!
Jus Tomat+Seledri+Bawang Putih!
2 bulan ini gue gabisa mesen salad di restoran, gabisa makan rebusan di hanamasa, gabisa makan dessert buah yang ada di kondangan. Intinya, gue harus masak sendiri semua makanan gue. Gue gabisa makan olahan orang lain =))

Pertanyaan yang paling sering muncul saat lo jadi vegetarian adalah: Protein lo darimana? Yang akan gue jawab dengan: Tahu/Tempe masbro!

Kekurangan protein dalam tubuh emang bisa berbahaya, tubuh bisa mengambil kekurangan protein itu dari otot. Gue akuin, emang ga ada protein hewani yang masuk, jadi emang kerasa otot gue mengecil. Tapi sejauh ini sih ga ada keluhan apa-apa πŸ™‚

Kumpulan makanan, yang sama aja sih semuanya....
Kumpulan makanan, yang sama aja sih semuanya…

2 minggu pertama vegetarian adalah waktu-waktu terberat. Temen-temen kantor masih sering banget godain dengan cemilan-cemilan, dan makanan ‘racun’. Alhamdulillah iman gue kuat dan ga goyah :p Setelah 2 minggu itu, gue mulai terbiasa. Mau orang nawarin makanan apa juga gue udah ikhlas nolaknya. Cara paling ampuh buat nolak makanan adalah dengan bilang, “Udah tau kok rasanya.” :))

Gue sekarang udah ngerasa nyaman dengan pola hidup ini. Bahkan udah mulai mikir 2x kalo mau makan daging/gorengan/kue-kue. Sejauh ini, pola inilah yang masuk di gue (setelah gagal OCD dan lain-lain). Mungkin kalo udah jenuh banget, gue akan kembali makan di restoran, jajan kue pasar, minum es teh manis, tapi dengan tetap menjaga polanya dan tidak berlebihan πŸ˜€

Leave a Reply

