Family

Helo November, My Dad’s Month

My dad was born in 16th November. This post is dedicated to remember him
πŸ™‚

My Beloved Dad
My Beloved Dad

Three years ago, I lost a leader, a friend, a guard, a super hero, an
angel. My Dad.
How are you, Daddy? I hope you happy in your new place.

Actually, I wrote this story 3 years ago. But my introvert side cannot let
it posted until now. It would be a super long post, fyi. Enjoy.
———————
20 tahun, 10 bulan, 1 hari
Adalah lama waktu yang gue habiskan bersama Papa di dunia. Literally,
karena kita kan ga setiap hari bersama, (sempet ditinggal papa ke ambon
setaun, dan gue meninggalkan rumah semenjak kuliah dan ngekos).

Aku harap, di waktu yang sebentar itu, aku udah jadi anak baik di mata
Papa, semoga aku udah cukup berbakti sama Papa, semoga aku udah bisa jadi
anak solehah, yang doanya didengar oleh Allah, dan bisa jadi amal baik
buat Papa, aamiin.

Papa itu, sosok bapak yang asik. Bisa diajak ngobrol apa aja, mulai dari
masalah F1, ekonomi negara (ya emang dasarnya anak FE :p), film, gosip
artis, apapun deh.
Dia termasuk orang yang suka bercerita, tentang apa aja.
Walaupun kata temen sekantornya papa termasuk pribadi yang pendiam, jarang
bercerita, kata pak RT juga papa termasuk pribadi yang pendiam, tapi kalo
di rumah, dia yang paling rame!
Apaaa aja diceritain, ditanyain, diomongin. Beda mungkin, kalo diluar dia
diem-diem aja. Tapi kalo sama keluarga mah bawel bukan main :p

Saat-saat terakhir sama Papa itu, hari Jumat malam, 5 hari sebelum Papa
pergi selamanya. Gue belom tidur dan keluar kamar, terus Papa keluar kamar
juga. Dia ke teras, kayaknya mau ngerokok (karena gaboleh ngerokok di
dalem rumah, kalo ada asep rokok di dalem rumah kena denda goceng :p). Gue
samperin, gue keluar terus duduk di atas motor. Papa ikutan duduk di atas
motor yang lain. Terus kita ngobrol panjaaang banget malem itu πŸ™‚
Papa memulai cerita tentang pengalaman sekolahnya, dari STAN, UI, dan
Satyagama. Terus Papa nanya nanti gue mau magang dimana, kalau di Sudirman
nanti berangkatnya gimana, dsb. Papa ngingetin gue jangan terlalu sibuk
ngurusin BEM. Gue juga diingetin untuk naikin IPK.
This last moments with you will always stay in my memories…

Hari Jumat paginya, pagi hari sebelum kejadian diatas, juga ga akan bisa
gue lupain. Bangun tidur, udah ada nasi uduk di meja makan, seperti biasa
pasti Papa yang beli dan nyiapin. Abis sarapan, gue dan Mama pergi ke
Galaxy, naik mobil yang baru banget selesai di lap sama Papa. Balik ke
rumah, Papa udah rapih pake batik. Kita mau perpanjang passport hari itu,
karena ada rencana ke Phuket bulan September (yang pada akhirnya cuma
pergi bertiga sama Mama dan Ryan). Abis beres-beres berkas, kita langsung
berangkat. Pas mau belok masuk JORR, Mama baru sadar kalo lupa bawa surat
nikah. Langsung puter balik lagi deh ke rumah, tapi (ini yang janggal)
Papa ga marah, ga pake ngedumel πŸ™‚ tumbeeen banget πŸ™‚
Pas mau masuk tol, udah mau masuk jam solat Jumat, akhirnya kita minggir
di mesjid terdekat dan nungguin Papa solat Jumat, selesai solat dibeliin
combro sama Papa πŸ™‚ Lanjut jalan, masuk tol Cikampek, lalu tol dalam kota,
langsung berenti karena macet total seperti biasa. Terus disini Papa bete
deh, ngomel-ngomel, dia udah pernah sumpah gamau masuk tol itu lagi karena
macetnya luar biasa, eh malah masuk, yaudalahya πŸ™‚
Terus setelah kesasar nyari tempatnya, akhirnya sampe, foto dll, terus
pulang, dan nyasar lagi sampe Sunter XD Tapi seru nyari-nyari jalan pake
GPS (di jaman itu GPS belom se hits sekarang :p).
Di perjalanan pulang kita mampir ke restoran favorit Papa, Waroeng Steak!
πŸ™‚
Papa mesen jus alpukat yang langsung abis sekali teguk XD

That Friday, will always be in my memories.

The day he passed away. Wednesday, 11th May 2011.
Gue kembali ke kosan hari Senin. Hari Rabu, jam 6 sore Papa post di grup
BBM “Family” ngasitau Mama kalo malem ini pulang telat ada tanding
badminton dulu.
Abis solat magrib, gue ada agenda futsal sama BEM UI di Liverpool jam 7
malem, pas lagi mau nyebrang rel kereta di barel, jam setengah 7-an Mama
ngepost di grup BBM ngasitau kalo Papa masuk UGD RSCM. Chat mama itu masuk
pas banget ada kereta lewat dengan kencengnya, perasaan gue jadi gaenak.
Tapi gatau kenapa pas itu ga mikirin macem-macem, tenang aja. Cuma mikir
“Papa kenapa ya? Nanti abis futsal gue ke RSCM deh.” Udah, ga mikir lebih
jauh lagi.

BBM Terakhir Papa...
BBM Terakhir Papa…

Sampe di Liverpool, ditelpon Mama disuruh nyusul ke RSCM. Tapi
karena gaenak sama anak-anak BEM (ini kan acara departemen gue, masa
guenya pergi), gue nggak langsung ngikutin perintah Mama. Malah gue sempet
ganti sepatu, sempet main bentar, sampe ka Maman dateng baru deh izin
pergi. Gue langsung telpon Arra yang lagi rapat di kampus, minta anterin
ke RSCM. Pas banget hari itu Arra gabawa mobil, jadinya dia minjem mobil
Arini. Di jalan, baru deh gue bener-bener fokus mikirin Papa kenapa. Sampe
Tanjung Barat, di BBM sama Rizki (sepupu), dia nanya gue udah sampe mana,
tapi pas gue nanya balik tentang keadaan Papa gimana, ga di bales-bales
lagi sama dia. Mulai curiga. Pas di Tanjung Barat itu ada kereta lewat,
jadi nunggu kan. Terus Mama nelpon, ngasitau kalo Papa udah ga
ada……..jadi dari tujuan awal mau ke RSCM, langsung berubah jadi ke
rumah. Mama bilang gausah nyusul ke RSCM, ke rumah aja siap-siapin
semuanya. Sepanjang tol pulang gue nangis, bener-bener keinget Papa. Kok
cepet banget ya Allah… Terus gue keinget Ryan, gue langsung BBM dia tapi
pending. Akhirnya gue telpon. Pas gue cerita dia diem lamaaaa banget
(setelah di kroscek, katanya sih dia diem karena lagi tiduran di jalan pas
abis gue ceritain). Langsung gue suruh pulang ke Bekasi malem itu juga
gimanapun caranya.

That was the night that I won’t forget. How stupid I was for keep staying
on Liverpool rather than going to RSCM 😦
I am sorry daddy.
Ya mungkin udah rencananya Allah juga kali ya jadi gue bisa ke rumah buat
siap-siap.
Sebenernya gue merasa tenang malam itu, gue cuma histeris sesaat bertanya
“Kenapa ya Allah?”, tapi abis itu gue tenang lagi. Gue yakin ketenangan
yang gue dapet mulai dari denger beritanya, sampe di rumah nyiapin
semuanya, itu dateng dari Allah, dan dari bekal ajaran Papa-Mama tentunya.

Abis nelpon Ryan, pas udah mau sampe rumah, gue mulai tenang. I’m glad I
have Arra, that always next to me when I need the most. Sampe rumah, udah
ada Abang Ojek sama Bapak-Bapak RT rame-rame di depan rumah. Karena waktu
itu di rumah cuma ada Papa sama Mama, ga ada mbak, jadi mereka bingung
kali ya mau masuk rumahnya gimana. Turun mobil, gue udah ga nangis. Udah
tenang banget, kayanya di otak gue udah ada yang ngarahin, gue harus
ngapain aja.
Emang dari dulu Mama selalu ngajarin, jangan kaget kalo suatu hari nanti
Papa atau Mama atau siapapun keluarga deket ada yang meninggal. Mama udah
nyiapin satu kotak berisi kain-kain buat mayat, kafan, dll. Gue udah
dikasitau tempat nyimpennya dimana, harus ngapain, dll. Jadi insyaAllah
udah siap ngadepin kondisi kaya gini. Thanks Mom buat ajarannya, yang
awalnya selalu gue anggep sepele…

Terus gue buka pintu, tapi cuma punya kunci yg ke musola (untung aja bawa,
udah diarahin Allah juga mungkin). Abang ojek pada bantuin mindah-mindahin
motor, beresin garasi biar lowong. Ibu-ibu RT nanyain udah ada kasur
belom, udah nelpon yang manddin belom, dll. Lalu semuanya mulai gue siapin
satu2, tenang banget. Bahkan gue sempet ngetweet sekali, isinya
“innalillahiwainnailaihiroojiuun :’)”. Tapi di rumah sinyal gue bapuk
banget, jadi semua orang pada hubungin gue lewat Arra.

Setelah kasur, kain, karpet, dan lain-lain siap, Mama nelpon ke rumah,
nanya udah siap semua belom, karena Mama udah deket. Pas ditelpon suara
sirinenya kenceng banget. Pas gue tutup telepon, suara sirinenya
kedengeran di ujung gang.
Mama sampe, masih pake seragam kantor. Gue langsung nyamperin, buat minta
kunci ruang tamu dan lanjut siap-siap. Mama langsung disamperin dan
ditenangin sama Ibu-Ibu RT.

Setelah Mama ada di rumah, mulai heboh. Ibu-ibu nanyain ember+kain+beras
(gue gatau buat apaan, kayaknya sih adat Jawa gitu -.-), terus ada yang
nanyain mejalah, kursilah, selang, air. Ribet deh…Akhirnya gue turutin
satu-satu, karena yang tau rumah kan gue ya selain Mama. Selama gue siap-
siap, Mama cuma duduk di bawah telpon sambil ditenangin Ibu-Ibu. Gue sibuk
mondar mandir rumah sampe ada yang bilang “Ica duduk aja, temenin Mama.”.
Tapi gue gamau, gue mau tetep sibuk… Fyi sampe detik ini gue belom mau
liat Papa yang udah ditidurin di kasur ruang tengah.
Mama nyuruh telpon Ryan, tanya jadinya gimana ke rumahnya. Tapi Ryan-nya
kaga jelas. Gadapet travel. Mau naik bis tapi udah malem, sampe akhirnya
nyewa mobil.

Sebelum dimandiin, gue sama Mama duduk di sebelah Papa, yang sudah
terbujur kaku. Pas lagi menatap dalam-dalam wajah gantengnya, tiba-tiba
ada bunyi ringtone BlackBerry. Asal suaranya adalah dari…kantong baju
batik yang lagi dipake Papa. Langsung gue ambil deh BlackBerry-nya, gue
simpen dan gue pakai selama 3 tahun :”)
Persiapan mau dimandiin adalah buka bajunya, tapi karena susah buka
batiknya, jadi digunting. Gue menemukan di belakang Papa ada tas-item-
cangklong-setengah punya Papa. Langsung gue bawa ke kamar dan diamankan.
Pas gue buka tasnya, yang pertama keliatan adalah, bungkus rokok 😦

Rombongan yayasan yang mau mandiin dateng, siap-siapin tempat mandi
dadakannya di taman depan, bikin gorden dari kain, nyari selang, nyari
gayung, sabun, dll.
Gue sama Mama dipanggil Ustadnya, disuruh ikut mandiin. Ya Allah Pa, masih
kebayang terakhir liat Papa dimandiin :’)
Gue dikasih kesempatan sama ustadnya buat nyiramin air/nyabunin, akhirnya
gue nyiramin air ke badan Papa.
Disini ada kejadian lucu, pas lagi dimandiin, Izhar dateng. Mama langsung
seneng gitu, ngira Ryan pulang :))

Akhirnya Ryan dateng, gue ga kebayang jadi dia. Kayak cerita pas ESQ dulu.
‘Bagaimana kalau kalian pulang ke rumah, melihat bendera kuning di depan
pintu?’. Ga kebayang kalo itu kejadian ke gue… Ryan dateng dengan
rambutnya yang masih gondrong, kucel, keliatan capek banget. Mama keluar,
meluk ryan. Gue cuma ngintip dari balik jendela. Ryan awalnya gamau masuk
ke dalem pas diajak liat Papa, tapi akhirnya mau juga…

Malam itu udah banyak yang dateng, dari mulai keluarga, temen kuliah,
tetangga, insyaAllah banyak yang doain papa :’)

Besok paginya, sebelum dibawa ke Mushola untuk disolatin, ada sambutan-
sambutan. Dari pak RT, bos kantornya papa, om asmuni, dan semuanya bilang
papa itu pribadi yang pendiam. Itu aja yg gue inget, soalnya Papa itu ga
pendiem! :))
dia itu ceriwiiiss banget apalagi masalah kesehatan πŸ™‚
Rombongan jalan ke Mushola Ash Shobirin deket rumah, pas keluar gang, I
can see that there are a loott of cars parked!
Ada bis, minibis, mobil, motor, banyak banget deh.
Banyak yang sayang sama Papa πŸ™‚

Selanjutnya jalan ke TPU Pondok Kelapa. Awalnya Ryan mau nyupir sendiri
terus dimarahin semuanya, takut masih ga stabil.
Sampe Pondok Kelapa, jalan sama Ryan ke liang kuburnya.
Pas dipilih siapa yang mau turun ke liang, Ryan ngajuin diri mau ikut
turun.

Ryan di bawah, gue di atas, tapi misah dari Mama.
I didn’t think it would be that hard and sad.
Ngeliat bokap lo sendiri dikubur…
You won’t and can’t see him anymore…
Can’t hug him…
Can’t feel his warm kiss…
……………………….
Ryan kuat banget bisa di bawah, nerima Papa, dengerin + ngikutin semua
kata ustad, baju koko-nya jadi coklat kena tanah……….haha
Terus pas dia naik, gue langsung megang dia, gakuat liatnya…
Tapi pas sama dia, gue ngerasa gue punya dia, dan gue jadi lebih kuat.

Too much memories…

Kalo disuruh ngegambarin Papa itu orangtua kaya apa…
Hmm…
Demokratis, ngebebasin anaknya mau ngapain, asal laporan aja.
Keras kepala! Dan nurun ke gue :p

Papa itu concern banget masalah kesehatan.
Gabisa ngeliat perut buncit.
Ngeliat tangan gue kendor aja dia udah cerewet nyuruh gue barbelan…
Papa rajin banget olahraga. Rutin. Badminton dan sepeda.
Pola makannya bener-bener dijaga.
Kalo beratnya ga 80, pasti heboh.
Kalo kelebihan, langsung jadi rajin olahraga.
Kalo kurang, langsung banyak makan.

Papa itu rapih dan bersih banget. Paling rajin bersihin rumah. Sekarang
gada Papa, rumahnya kotor banget Paaa maaf ya huhu…

Sekian cerita tentang Papa saya…
Semoga Allah menerima semua amal ibadah Papa, mengampuni semua kesalahan
Papa, dan mempertemukan keluarga kecil kita lagi nanti di surga-Nya.
aamiin πŸ™‚

Leave a Reply

