Family · Travel Story

Pulau Pahawang Trip 2014!

Bulan September ini, saya dan teman-teman memutuskan untuk pergi ke: Pulau Pahawang! Setelah cari-cari trip yang tanggalnya dan budgetnya kira-kira oke, akhirnya pergilah kita di akhir bulan~

Perjalanan kali ini kita ikut tripnya Like This Adventure. Pelayanannya oke dan mantap dipandu oleh team leader kita sepasang kekasih Sobar dan Aghi ๐Ÿ˜› Yang ikut trip dari rombongan gue: gue, Ryan, Heri, Yudi, Ribka, Lentha, Ucan, Yacob, Luqman, Imuf. Lumayan rame yah? ๐Ÿ˜€

Like This Adventure

Ini merupakan trip pertama gue, dimana gue harus vegetarian. Jadilah gue pergi dengan membawa perbekalan sendiri, seperti sayur, bawang putih, daun salam, apel, madu, pisau :)) rempong cyin!

Karena meeting point-nya di Pelabuhan Merak jam 10 malem, jadi kita memutuskan kumpul di Semanggi jam 6…..dan baru jalan jam setengah 8 :))

Setelah melalui kemacetan Ibu Kota di Jumat malam, sampailah kita di Pelabuhan Merak sekitar jam 22.47.ย Jam 24.00 briefing tour, terus langsung naik ke kapal. Alhamdulillah kita dapet 1 ruangan gitu, bisa buat lesehan dan tidur, cuma bayar 10rb per orang! ๐Ÿ˜€

Tidur nyenyak di kapal bermodalkan 10rb :D
Tidur nyenyak di kapal bermodalkan 10rb ๐Ÿ˜€

Baru tidur-tidur ayam, tiba-tiba terdengar suara klakson kapal. Liat jam, masih jam 2.30 ย men! Dan kita udah sampe Bakauheni!! :)) Penyebrangan Merak-Bakauheni tercepat dalam sejarah kayaknya :))

Jam 3.00 bagi-bagi mobil travel, terus langsung menuju Ketapang,ย tempat kita naik kapal untuk menuju Pulau Pahawang. Perjalanan malam di Jalur Sumatera agak horor, dan kebetulan lagi sopir kita bawanya juga horor (selalu berakhir paling depan walaupun udah disusul beberapa kali haha). Kita semua tertidur pulas sepanjang perjalanan ini.

Sampai di Ketapang jam 5.30. Langsung lari ke musola buat solat Subuh (maapin ya Allah solatnya siang banget). Sementara yang lain ada yang cuci muka, gosok gigi, bersih-bersih.ย Agendanya adalah sarapan dan ganti baju buat snorkeling. Yang lain sih enak, tinggal mesen nasi uduk dan lauknya, makan deh. Gue kan harus masak dulu…. Setelah nanya-nanya sama Ibu nasi uduk, akhirnya gue dibolehin pinjem dapurnya yey! Masaklah gue seorang diri di dapur :)) Gue masak sekalian buat makan siang, karena nanti makannya nasi kotak dan ga ada dapur di pulau singgahnya.

Ready to go!

Jam 7.30 kita naik kapal~ Mengarungi lautan Lampung untuk ke spot snorkeling pertama: Pulau Tegal! Disini masih biasa aja sih, cuma ada 1 karang gede di tengah-tengah spot kita jadi asik buat spot foto-foto. Gue buka jasa foto aja disini :)) Terus berenang menjauh sama Ryan Ucan Heri, geng KarJaw kembali! Nemu bintang laut biru, tapi kita ga ada yang berani ngambil, akhirnya diambilin Sobar :))

Pulau Tegal

Lanjut pindah ke spot kedua: Pulau Mahitem! Seru disini, karangnya banyak, ikannya rame, terus kita bisa ke Pasir Timbul. Nah di Pasir Timbul ini kita banyak foto-fotonya :)) Serruuu sekali menikmati pantai dan laut dan pemandangannya yang super indah ๐Ÿ™‚

Pulau Mahitem
Dibuang sayang
Pahawang full team at Mahitem!
THANK GOD I'M HERE
THANK GOD I’M HERE

Di spot ketiga, cuma Ryan yang turun :)) Karena ternyata miskomunikasi mau makan siang dulu. Akhirnya kita keย Kelagian Kecil buat makan siang dan main-main di pantai lagiiii ๐Ÿ˜€ Agak nyesel sih ga ikut Ryan turun, karena kata Ryan karangnya bagus banget (iya, dari atas aja udah keliatan bagus banget!). Dan sayangnya kita ga balik ke spot itu lagi ๐Ÿ˜ฆ

Our Boat B-)

Kelagian Kecil! Sampe pantai langsung lari-lari, karena pasirnya putih sekaliii. Terus main bola sama Yudi sama Ryan. Ngalor ngidul di pantai, foto-foto, ngobrol-ngobrol, menikmati disengat matahari secara langsung tanpa komplain kepanasan ๐Ÿ˜€

Pulau Kelagian Kecil
Main-main di Kelagian Kecil. Guenya ada 3 B-)

Saatnya makan siang! Yang lain makan nasi kotak, isinya enak bangetlah gue cuma bisa ngiler sambil nyuap sayur mayur gue :))

Spot terakhir hari pertama adalah: Pahawang Kecil! Ada cottage punya orang Prancis di pulau ini. Tapi kayaknya udah ga keurus. Kita ke pulaunya, foto-foto, bikin vidio ala-ala, terus ke kapal lagi ngobrol-ngobrol.

The corals at Pahawang Kecil! It's crystal clear!
The corals at Pahawang Kecil! It’s crystal clear!
Selpiii di Pahawang Kecil =))

Setelah nunggu lama sambil ngedumel kok kapalnya ga jalan-jalan, tiba-tiba Aghi sama Sobar muncul,ย nanya kok kita ga snorkeling padahal spotnya bagus loh ada Nemo nya. Mendengar itu, kita semua langsung ambil fin snorkel goggleย dan nyeburrr!! :)) Eh serius bagus tapi! Karangnya masih bagus, ikannya super banyak! Puasss bangetlah di spot terakhir ini untuk menutup hari ๐Ÿ˜€

Pahawang Kecil Underwater

Gue bahagia di trip kali ini, karena Sobar ngajarin kita cara nyelem yang super asik dan gampang, jadi gue kuat nyelem lumayan lama dan lumayan dalem sampe kuping pengeng ๐Ÿ™‚ Tapi tetep Ryan lebih jago sih, liat aja foto di bawah… Dia bisa ngerangkak di dasar laut, sampe berdiri tegak. Lah gue cuma bisa nyelem seadanya =)) Yang penting hepi!

Bandingkan gue dan Ryan =))

Setelah puas, kita balik ke kapal dan langsung menuju Pahawang Besar, tempat kita akan stay semalam. Dibagi 2 rumah, cewe sama cowo. Yang cewe rumahnya kaya rumah panggung gitu :)) Kamar mandinya super enak, bersih dan nyaman ๐Ÿ™‚ Itu yang paling penting. Abis solat magrib, Yudi Heri Yacob makan mie di warung, akhirnya gue samperin, jadi warung itu seperti ParTos (Pahawang Town Square) :)) Lagi-lagi, yang lain makan malam dengan ikan bakar, tempe goreng tepung, dan lain-lain yang enak-enak, dan gue ke dapur, masak sendirian :)) Enjoy aja tapi, yang penting happy, ya gak? ;D

Abis makan malam, Like This Adventure ada acara nerbangin lampion! Seru banget kan. Jadi kita dikasih lampion, 1 lampion buat 4 orang, terus kita terbangin bareng-bareng. Awalnya mau dari pinggir pantai, tapi anginnya bahaya malah terbang ke bawah lampionnya. Jadi kita pindah ke lapangan bola. Dan semua lampion terbang dengan sukses ๐Ÿ™‚ Selamat istirahat semua ๐Ÿ˜€

Lampion!

Besok paginya, gagal sunrise. Jam 5.30 sih udah nongkrong di pantai, tapi awannya tebel banget ๐Ÿ˜ฆ Tapi seneng sih di ย pinggir pantai ini dapet sinyal :)) Terus kita jalan-jalan menyusuri pantai, foto-foto, ngobrol-ngobrol, sampai waktu sarapan tiba. Lagi-lagi gue harus masak sendiri :))

Para Pencari Sunrise di Pahawang Besar

Habis sarapan, kita naik kapal lagi buat snorkeling di spot terakhir: Tanjung Putus! Excited, karena kata orang-orang di blog, Tanjung Putus itu spot terbaik di Lampung. Dan ternyata, benar sodara-sodara! Karangnya bagus-bagus banget, ikannya warna-warni banget, ikannya banyak banget, dan kita nemu sarang Nemo. 2 jam kita habiskan di spot ini tanpa terasa. Super puaaas banget ๐Ÿ˜€ I’m sure I will be back to Pahawang again someday ๐Ÿ™‚

THE BEAUTY OF TANJUNG PUTUS UNDERWATER

Setelah itu balik ke Pahawang Besar, mandi, bersih-bersih, siap-siap pulang ๐Ÿ˜ฆ Tapi sebelumnya, Like This Adventure ada agenda 1 Traveler 1 Book. Jadi setiap traveler ngasih 1 buku ke anak-anak yang ada di Pahawang Besar. Bukunya udah disiapin sama Aghi dan Sobar. Idenya menarik dan bagus banget ๐Ÿ™‚

Adik-adik yang mau nerima buku dari program 'One Traveler One Book' :-)
Adik-adik yang mau nerima buku dari program ‘One Traveler One Book’ ๐Ÿ™‚
Sebelum pulang :D
Sebelum pulang ๐Ÿ˜€

Kapal melaju meninggalkan Pahawang Besar menuju Ketapang, sekitar 1,5 jam perjalanan, lalu dilanjut naik mobil ke Bakauheni (ditengah jalan mampir ke toko oleh-oleh).

P u l a n g :(
P u l a n g ๐Ÿ˜ฆ

Sampai Bakauheni sekitar jam 6. Keberuntungan masih memihak kepada kita saat pulang. Kapal pulang yang kita naikin adalah kapal Jatra ASDP yang ada pramugarinya (ngaco sih, namanya apa dong mbak-mbak macam pramugari yang ada di kapal? :P). Kita bisa duduk di kelas manapun FOR FREE! Awalnya kita duduk di kelas ekonomi, ini aja kita udah norak + seneng banget gitu, karena bagus! Terus Ryan yang keliling kapal tiba-tiba bilang “Ke atas aja yuk! Kelas bisnis!” yang langsung disambut dengan kita lari-larian ke atas :)) Dan kita duduk di kelas bisnis! Ada loungenya, bar, panggungย buat live music gitu, sedap banget dah ah :))

Kelas Bisnis gratis berooo!

Sampai di Merak jam 21.00, sayonara sama semua peserta trip. Terimakasih Geng Pahawang! Terimakasih Like This Adventure! Terimakasih Aghi dan Sobar! Awesome trip! See you in another trip! ๐Ÿ˜€