Family · Travel Story

Karimun Jawa Trip

This is the story of our journey to Karimun Jawa Island, and I’m writing this while on the trip.

Day 1

17.19, bermodalkan tiket yang sudah dibeli sebulan sebelumnya, kita naik bis Nusantara tujuan Jepara dari Bekasi Barat. Buat yang mau ke Jepara dari Bekasi, ada bis Nusantara di sebelah kiri ACE Hardware Bekasi Barat (http://nu3tara.com/). Harga tiket 160rb udah include makan 1x, kelas eksekutif. Ada selonjoran buat kaki dan dikasih selimut, nyaman banget deh buat tidur. Kurang colokan sama wifi aja…

20.45 checkpoint pertama, makan malam di Pamanukan. Pake nasi, bihun hambar, kuah sayur nangka, ayam, kerupuk, teh manis (gapenting). Abis solat dan memanfaatkan toilet, bis jalan lagi. Mari lanjut bobok…

Day 2

6.00, kebangun karena ada orang turun, dengan kondisi masih setengah sadar ngedengerin percakapannya sama sopir -> katanya dia mau ngejar kapal ke KarJaw jam 8 di Jepara…lah kita juga dong mas?? Langsung loncat nanya sopir ini bis sebenernya ke Jepara apa nggak. Ternyata orang tadi turun mau ambil jalan pintas (setelah cek di gugelmeps emang bener ada jalan langsung ke Jepara dari sini) tapi pas gue liat kok sawah gitu jalannya… Yaudah akhirnya pasrah aja tetep stay di bis…  Dan ternyata bisnya ke Kudus dulu, sampe Kudus pun kita harus ganti bis yang ke Jepara (T.T udah pasrah ngeliat jam karena super telat). Perjalanan Kudus-Jepara cuma 30 menit, terus sebelum terminal Jepara kita turun, naik becak bayar 20rb, menuju pelabuhan.

Naik Becak!

8.00, sampe dermaga udah telat, kondisi dermaga super rame sama orang-orang, ga dapet tiket, gatau apa-apa, dan kita melihat kapal siginjai (kapal yang harusnya kita naikin) berangkat meninggalkan kita… Coba nelpon tour guide nya, malah disalahin karena kita telat. Yaudah pasrah aja, bertiga nunggu di dermaga sambil berdoa (toh masih ada ratusan orang terlantar juga disini, pikir kita).

8.30, terdengar informasi bahwa ada kapal ekspres akan ke KarJaw jam 11, tapi tiketnya udah abis… Terus kapal baru ada lagi hari Senin…….

9.00, gue sama Heri keliling pelabuhan mencari informasi. Akhirnya setelah muter-muter tanpa arti, dengan petunjuk ibu-ibu yang megang tiket ekspres bahari, kita ke meja informasi. Bertemu Mas Roy (yang jaga), terus curhat. Akhirnya dia nawarin buat bantuin cari tiket ekspres bahari untuk kita, alhamdulillah… Jadi kata Mas Roy, di ekspres bahari itu selalu ada 20 tiket ekstra untuk jaga-jaga kalau ada petinggi yang mau naik, nah dia mau bantu cariin tiket sisa itu. Disini kita ketemu sama Ucan, yang ternyata ikut travel yang sama dan sama-sama ditinggal kapal.

10.00, kapal ekspres bahari merapat ke dermaga, kita masih was-was karena Mas Roy belom dapet tiket. Yang bikin lebih frustasi lagi, ternyata ratusan orang yang kita kira terdampar itu pada naik ekspres, dan perlahan-lahan dermaga pun tambah sepi… Di tengah kebingungan, ada seorang bapak (Pak Edo) nawarin naik kapal kayu, patungan dengan orang-orang yang tersisa. Yes, that’s our last hope…

11.00, ABK mulai teriak-teriak “yang punya tiket cepetan naik, kapal mau berangkat!”. Hopeless karena di detik keberangkatan kita belom juga dapet kabar tentang tiket. Gue deketin mas edo buat nanya terkait kapal kayu. Lalu kita ber-4 nego sama Mas Edo di depan pintu masuk dermaga, pas banget Mas Edo bilang “Kalau mau ikut kapal kayu, karena cuma sisa sekitar 20 orang, jadi bayar 250rb/orang”, Mas Roy teriak “Ayo naik kapal cepet cepet cepet, bisa naik 4 orang!”. Dengan perasaan campur aduk hopeless-bingung-capek-laper-panas-ngantuk, dapet kabar itu langsung seneng banget! Setelah bilang makasih ke Mas Edo yang udah baik banget nawarin naik kapal kayu, kita lari-lari sepanjang dermaga buat naik kapal. And here we are. Ngemper di depan WC! Jadi kita bener-bener last person boarded. Ga dapet kursi, duduk di tangga, depan WC, belakang kafetaria. And we’re sailing! Kapalnya ngebut dan bikin mual pula (yaiyalah namanya juga ekspres bro)…

Di Ekspres Bahari

13.00, setelah perjalanan penuh gejolak dan cukup memabukkan, akhirnya kapal berlabuh!! Bahagia :”) Lebih bahagia lagi pas tau kalau kita sampe bareng kapal yang ninggalin kita :”)
Dan……………. kita belom bayar tiket kapal ke Mas Roy :))

Salam 2 Jari

13.15, berkumpul bersama rombongan cheap&go tour di dermaga KarJaw. Lanjut naik mobil ke sebuah rumah yang selanjutnya jadi basecamp (rumah bu Nikmah). Disambut welcome drink es kelapa, lalu makan siang :-9

14.00, pembagian kamar, kita pindah rumah, mandi-bersih-bersih-unpacking-ngaso di depan kamar nyari angin soalnya gerah banget men! Belom ada listrik dan susah sinyal :))

Our Bedroom for 3 days

17.00, mengejar sunset di Labuhan Kecil. Sayang banget awannya kumpul di bawah…

Sunset ala ala
Sunset Day 1

18.00, di deket Labuhan Kecil, ada lapangan bola, yang disulap menjadi semacam pasar malem. Ada yg jual oleh-oleh, makanan, minuman, jajanan. Selanjutnya setiap malam kita selalu menghabiskan waktu nongkrong di pasar malem ini 😀

Pasar Malam
Anak Gaul KarTos (Karimun Jawa Town Square)

Day 3

4.00, kebangun, gerah banget masbro!! Ga ada angin banget, tidur basah kuyup…

7.00, ke basecamp buat sarapan. Terus pake sunblock 3 lapis :)) SNORKELING TIME!!

8.00, jalan menuju pelabuhan (Labuhan Kecil) tempat sunset kemarin sore. Terus abis semua duduk manis di kapal…..HUJAN TURUN dengan derasnya ditambah bonus BADAI! Badan basah kuyup sebelom snorkeling :)) ujan deres, awan tebel banget warnanya item, tapi terus pak kaptennya tetep memutuskan berangkat (kemampuan doi baca cuaca lebih gaul daripada bmkg). Berangkatlah kapal kita dengan cuaca super ekstrim, seru banget mengarungi laut dengan jarak pandang cuma 200m, menerjang badai, badan basah kuyup, tapi superseru :))

Badai!

9.20, sampai di spot snorkeling pertama: Menjangan Kecil. Rame banget sob kayak ancol, cendol bener… Tapi tetep seru! Di spot ini karangnya biasa aja sih. Cuma bagus buat foto2 :)) karangnya banyak dan pendek2. Pas kita snorkeling cuaca udah lebih cerah alhamdulillah 🙂 Lagipula karena hujan justru ombak jadi agak tenang karena ga ada angin.

Spot Pertama, Menjangan Kecil

11.15, lanjut ke pulau Geliyang (idk how to spell it) buat makan siang. Katanya ini pulau dengan pantai terbagus, terus gue sama ryan liat-liatan, karena masih bagusan belitong (Lengkuas ftw) :)) Pantainya luas, langsung berhadapan laut dangkal (se mata kaki sampai sedada) yang bersih ga berkarang sama sekali! Terus kita jalan dikit nyari pantai yang sepi, karena ramenya nggak wajar kayak ancol, naro barang, nyeburrr! Nemu teripang, sand dollars banyak banget, foto-foto, terus makan siang.

Beach Time!

14.40, lanjut snorkeling di (lupa namanya maap). Nah disini ini bagus bangetsss kayak seaworld! Karangnya lumayan bagus, ikannya warna warni banget, bulu babinya gedegede dan buanyak banget, ada bulu babi warna putih (kata bapaknya namanya bulu babi seribu). Seruuu deh. Gue sama ryan menjauh dari rombongan karena kalo berenang deket2 rombongan bakal ketendanglah, ketampollah :)) rame benerrr soalnya.

Best Spot!

16.00, kembali ke pulau Karimun, tepatnya ke tanjung gelam, buat liat sunset. Karena di tanjung gelam parkiran udah penuh (berasa di mall banget ga sih, padahal maksudnya parkiran kapal di pinggir pantai), kita parkir agak jauh ke pantai yg lebih sepi. Pantainya bagus asik gitu. Ada saung, warung, pasirnya berjenis-jenis. Pasir yang di air lembut banget, diperbatasan air sama darat yang kedorong2 ombak agak kasar dan gede, di batas ombak pasir bedak alus banget, terus ke daratannya pasir yang kaya semen kalo diinjek jadi dalem banget, ya gitu deh pokoknya amazing haha. Lalu kita jalan kaki sekitar 5 menit menyusuri hutan pinggir pantai buat ke tanjung gelam (seru loh!). Sampe disana ternyata lebih banyak lagi warung dan orangnya!!! Setdah kuta pindah kesini kali ya rame bener sama orang. Setelah makan gorengan (yang super enak) dan minum milo serta kelapa, kita memutuskan balik aja ke tempat pertama karena sepi dan liat sunset disana. Sunsetnya subhanallaah bagus banget bulet 😀

Tanjung Gelam

19.00, abis makan, mandi, lalu ke Kartos alun-alun lagi dengan tujuan mau nyumi ngakak ngerang :))
Setelah sejam setengah ryan sama yudi ngantri berdiri, akhirnya kita dapet tuh cumi goreng krispi dan cumi bakar. Makan sambil ngalor ngidul sama ryan heri ucan nizam wilham yudi ditemani langit super cerah dan banyak sekali bintang di langit 🙂
Barusan kita dapet kabar, kalau kapal baru bisa ke karimun lagi tanggal 1, which is 7 hari lagi……. Semoga ombak cepet normal dan kita bisa balik sesuai jadwal. Aamiin.

Day 4

5.00, kebangun karena mata gue disikut ryan sakit banget -.- dan henpon bunyi terus2an! Tanda ada sinyal lewat! Langsung bangun cek hape dan update status………maapin ya Allah bukannya baca doa bangun tidur sama solat subuh dulu 😦
Dan jemuran keringgg alhamdulillah bisa dipake lagi deh :))

9.00, ke penangkaran hiu, cuma ryan wilham jon yang nyebur :))

Hiu

11.00, snorkle deket cemara kecil, langitnya super gelap. Ga begitu menikmati karena ombaknya udah ga asik dan lautnya cukup dalem. Cuma nemu bintang laut doang :))

Cemara Kecil

12.00, karena air surut kapal gabisa berlabuh di pantai. Jadilah kita diturunin di tengah laut terus lanjut jalan kaki ke pantai :)) seru sekaleh. Sambil nunggu makan siang siap, kita main di pantai cemara kecil. Alhamdulillah cuaca semakin cerah, dan…pantainya subhanallah indah banget!! Kita foto-foto, main pasir, main air, nyari sand dollars, nyari ibunya bintang laut, pokoknya seru banget deh siang ini! 😀

Fun and Fine Afternoon in Cemara Kecil!

13.30, dipanggil karena makanan udah siap! Abis makan foto-foto lagi sebentar, terus jalan kaki lagi menuju kapal di tengah laut.

Ryan-Gue-Ucan-Nizam-Heri

15.00, snorkle deket karimun super puas dan super lama haha (yang lain udah pada naik kapal, kita ber6 masih berenang renang), poto poto ber6, nyoba dive sampe dasar (baru tau caranya :p), nyari bintang laut, seru deh snorkeling terakhirnya puasss.

Best Snorkeling Spot!

16.10, kapal balik ke pulau, di kapal kita ngumpulin 4 bintang laut yang kita tangkep, foto-foto sama bintangnya, terus kita lempar balik semua ke laut :”)

Stars!

17.00, ngaso di Kartos, beli popice sama gorenngan. Balik ke rumah, mandi, makan malem, nongkrong lagi di Kartos (semoga untuk yang terakhir kali di trip ini aamiin), balik ke rumah, nonton ILK, lalu tidurrr.

Kabar terakhir tentang kapal: insyaAllah besok ada ekspress, berdoa semoga ibunya dapet tiketnya o:)

Day 5

06.00, bangun ngalor ngidul, kapal masih simpang siur, jalan kaki nyari sarapan ke pasar, dapet nasi+ikan asin+tempe+daun singkong+teh. Terus nunggu kepastian tiket di homestay sambil nonton cj7 =))

09.00, dikabarin ibunya ada 10 tiket ekspres di tangan dia, tapi udah diambil sama rombongan yg reseh :)) Akhirnya kami yang tersisa sabar menanti Siginjai jam 1 siang sambil main uno.

11.00, Ibunya dateng bawa tiket Siginjai! Alhamdulillaah.

12.00, abis solat ke pelabuhan. Ramenya luar biasa kaya mudik lebaran hahaha. Akhirnya naik kapal setelah berdiri setengah jam-an.

Perjuangan pulang.

13.00, sekarang lagi duduk ngemper di tempat mobil di atas kapal bersama ratusan orang lainnya.

On board! Kapal Siginjai.

18.00, akhirnya kapal berlabuh di Jepara. Gue berusaha nelpon Bis berharap bisnya ngaret, tapi ternyata udah berangkat dari jam 5, nyesek ya… Terus makan soto! Laper tjoy!

Kita udah mesen Daytrans ke semarang (buat persiapan kalo ditinggal bis), eh ternyata yang datang adalah mobil elf biasa……dan AC-nya mati!! Gokil sih haha. Penderitaan belum berakhir ternyata :)) Jepara-Semarang pengep-pengepan broh! Semobil ber-8 (ryan heri ucan wilham jon ega cewenya) dan 6 orang lagi yang ngejar jam 9 harus sampe Stasiun Tawang (kita baru jalan setengah 7, btw). Di tengah jalan kita googling tiket pesawat atau kereta buat ke Jakarta. Karena gamau naik bis. Akhirnya diputuskan beli Argo Sindoro jam 5.30 besok pagi dan memutuskan bermalam di stasiun.

21.05, akhirnya sampe stasiun. Rombongan yang was-was ditinggal kereta (dan sepanjang jalan marahin sopir + gelisah) langsung lari ke dalem. Kita (gue-Ryan-Heri) pamit sama yang lain karena tempat turunnya beda-beda dan kita doang yang turun disini. Mau langsung nyetak tiket, terus ngantrilah di loket (sekarang stasiun loketnya bagus pake nomer antrian kaya RS), setelah ngantri eh ternyata ada tempat buat nyetak tiket mandiri :)) norak baru tau. Maklum gapernah mudik hahaha.

Cetak Tiket Mandiri

Udah tenang megang tiket, terus kita mencari tempat menunggu dan memutuskan ke Dunkin Donuts karena ada AC :)) Abis itu mandi, bersih-bersih seadanya, solat, setelah lengket banget dari pagi jalan ke pasar, terus kering, keringetan lagi pas ngantri masuk kapal, kering lagi, dan basah lagi di travel ke semarang :))

23.00, keluar dari dunkin karena gaenak (sebenernya dibolehin tapi kitanya gabeli apa-apa jadi gaenak). Abis naro tas di kursi, makan popmie, ngobrol-ngobrol, jam 1an tidur di kursi. Enak banget tidurnyaaaa capek banget kayaknya hahaha.

Bermalam.

4.00, kebangun, udah ada keretanya, terus masuk ke stasiun deh. Abis solat dan beli oleh-oleh kita masuk kereta dan sekarang di kereta Argo Sindoro menuju Jakarta!

To Jakarta!

What a trip! See you guys!!